21.389 Rumah di Brebes Tak Layak Huni, Tertangani 9.389 Unit

- Senin, 29 Agustus 2022 | 12:56 WIB
RTLH - Kondisi salah satu RTLH milik warga Kelurahan Pasarbatang, Brebes yang menjadi sasaran rehabilitasi karena kondisinya rusak parah. (Bayu Setiawan )
RTLH - Kondisi salah satu RTLH milik warga Kelurahan Pasarbatang, Brebes yang menjadi sasaran rehabilitasi karena kondisinya rusak parah. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 21.389 unit rumah warga di Kabupaten Brebes masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang mendesak dilakukan penanganan. Dari jumlah tersebut, hingga semester dua tahun 2022, baru tertangani sebanyak 9.389 unit.

Hal itu diketahui dari hasil pemetaan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) Kabupaten Brebes.

Kepala Dinperwaskim Kabupaten Brebes, Sutrisno mengatakan, khusus tahun 2022, Pemkab Brebes sudah merealisasikan rehabilitasi RTLH sebanyak 1.595 unit. Jumlah itu meliputi, 1.318 unit RTLH direhab melalui anggaran dari Kementerian PUPR dan sudah selesai secara menyeluruh.

Baca Juga: Fatayat NU Bandungsari Apresiasi Program Percepatan Penurunan Stunting

Kemudian, sebanyak 276 unit ditangani melalui bantuan stimulan dari Pemprov Jateng. "Khusus program penanganan RTLH dari Pemkab Brebes, jumlahnya sebanyak 44 unit. Saat ini sebagian besar sudah selesai dikerjakan, sisanya tinggal finishing," jelasnya.

Menurut dia, program rehabilitasi RTLH difokuskan bagi masyarakat yang masuk data miskin ekstrim dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Teknisnya, memberikan bantuan stimulan berupa material dari Rp 17 juta hingga Rp 20 juta. Kemudian, bantuan pendampingan rehabilitasi total hingga Rp 35 juta.

Namun syaratnya harus komunal, yakni fasilitasi pengerjaan bangunan rumah dasar sesuai standar. Khususnya, pembangunan rumah harus di lahan milik pribadi yang sudah bersertifikat.

Baca Juga: Kolobarosi Pejoeang Entertaiment, Alfa Saftri dan Sidomoto Gelar Fahion Show Wedding, Angkat Tema Arti Cinta

"Realisasi rehab RTLH, memang terbagi dua. Pertama, hanya stimulan bagi RTLH yang kondisinya sudah rusak berat dan butuh peremajaan. Kedua, dibangunkan secara penuh dari nol hingga jadi tapi wajib komunal," terangnya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X