12 Penemu Fosil Purba Situs Bumiayu Terima Kompensasi

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:45 WIB
TERIMA KOMPENSASI : Salah seorang penemu fosil purba, H Rafli Rizal (kiri) menerima kompensasi yang diserahkan oleh Kepala Pokja Cagar Budaya BPSMP Sangiran Haris Rahmanendra, di Kantor Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Brebes.  (Teguh Inpras Tribowo )
TERIMA KOMPENSASI : Salah seorang penemu fosil purba, H Rafli Rizal (kiri) menerima kompensasi yang diserahkan oleh Kepala Pokja Cagar Budaya BPSMP Sangiran Haris Rahmanendra, di Kantor Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Brebes. (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 12 orang penemu fosil purba di Situs Bumiayu mendapatkan kompensasi dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Rabu (3/8/2022).

Penyerahan kompensasi dipusatkan di Kantor Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Brebes. Ikut menghadiri acara tersebut, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Wijanarto.

Kepala Pokja Cagar Budaya BPSMP Sangiran, Haris Rahmanendra, mengatakan, 12 warga yang mendapatkan kompensasi tersebut adalah para pelestari yang selama ini menemukan dan merawat temuan-temuan fosil purbakala di Situs Bumiayu.

Menurutnya, pemberian kompensasi berdasarkan pada UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Baca Juga: Kejar Penurunan Angka Stunting, Masyarakat Diminta Kawal Ibu Hamil

”Dalam pasal 22, menyebutkan, setiap orang yamg memiliki dan/atau menguasai cagar budaya, berhak memperoleh kompensasi apabila telah melakukan kewajibannya melindungi cagar budaya,” katanya.

Dikatakan Haris, warga yang mendapatkan kompensasi tersebut telah menemukan fosil purbakala mulai dari gajah sinomastodon, macan hingga kura-kura purba. Adapun besaran kompensasi yang diterima bervariasi, disesuaikan dengan kelangkaan fosil dan keutuhan, umur fosil serta tingkat kejujuran mereka untuk menunjukkan lokasi temuannya.

“Semoga kompensasi ini semakin meningkatkan kepedulian mereka untuk menjaga Situs Bumiayu,” ujar Haris.

H Rafli Rizal, salah satu penemu fosil menyampaikan apresiasi kepada BPSMP Sangiran yang telah memberikan kompensasi. Menurutnya, kompensasi tersebut merupakan bentuk pengakuan dari pemerintah atas kiprah para pelestari dalam menjaga situs Bumiayu.

Baca Juga: Ruwat Bumi Guci, Simbol Syukur Warga terhadap Hasil Alam

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

X