BPBD Kabupaten Tegal Bentuk Tim Reaksi Cepat Terpadu

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:48 WIB
ELLIYA HIDAYAH (Cessnasari )
ELLIYA HIDAYAH (Cessnasari )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Terpadu. TRC Terpadu ini melibatkan lintas sektoral mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tegal, Polres Tegal, Kodim 0712/Tegal, Kejaksaaan Negeri Kabupaten Tegal, Baznas, PMI Kabupaten Tegal, RAPI, LSM dan masyarakat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal, Elliya Hidayah mengatakan, TRC Terpadu dibentuk guna memadukan peran semua stakeholder di Kabupaten Tegal dalam penanggulangan bencana daerah.

“TRC Terpadu dibutuhkan untuk menangani bencana yang membutuhkan peran serta sejumlah stakeholder. Seperti musibah tanah bergerak yang terjadi di Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu dan Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah. Tidak hanya ditangani satu OPD, tetapi melibatkan banyak pihak,” jelas Elliya.

Baca Juga: Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

TRC Terpadu diketuai Kepala BPBD Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono yang juga Sekda Kabupaten Tegal.
Tim tersebut memiliki tiga bidang, meliputi bidang kaji cepat yang bertugas menghitung estimasi kerugian, bidang pelayanan darurat yang bertugas menangani kebutuhan dasar dan bidan pendukung yang menangani sarana prasarana yang dibutuhkan tim.

Sebagai koordinator bidang kaji cepat yakni Kepala Dinas PUPR, koordinator bidang pelayanan darurat yakni Kepala Dinsos dan koordinator bidang pendukung yakni Kepala Satpol PP.

“TRC Terpadi baru ada di Kabupaten Tegal. Draft SK TRC Terpadu sudah disusun,” tutur Elliya.

Baca Juga: Ambeng Kepala Kerbau Dilarung ke Laut Jawa

Terkait dengan sarana prasarana BPBD, Elliya mengakui, masih butuh tambahan guna mendukung upaya penanggulangan bencana yang kerap terjadi di daerah, seperti banjir dan tanah bergerak.

Pada Juli 2022 pihaknya mengajukan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diantaranya mobil operasional, mobil serbaguna, mobil ambulans dan trailer dapur lapangan.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Warga Dukuh Tembara Iuran Membangun Jembatan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:53 WIB

Polres Tegal Bagikan 350 Paket Sembako Kepada Nelayan

Rabu, 28 September 2022 | 08:14 WIB

Terekam CCTV, Pembobol Mesin ATM BRI Gunakan Linggis

Kamis, 15 September 2022 | 17:41 WIB
X