Lazisnu Kota Pekalongan Hibur dan Santuni Yatim-Piatu

- Jumat, 29 Juli 2022 | 20:11 WIB
SANTUNI YATIM PIATU : Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom menyantuni anak yatim piatu dalam acara Santunan Yatim Piatu yang digelar NU Care Lazisnu Kota Pekalongan di RM Selaras Komplek Gedung Aswaja PCNU Kota Pekalongan, Jumat 29 Juli 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)
SANTUNI YATIM PIATU : Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom menyantuni anak yatim piatu dalam acara Santunan Yatim Piatu yang digelar NU Care Lazisnu Kota Pekalongan di RM Selaras Komplek Gedung Aswaja PCNU Kota Pekalongan, Jumat 29 Juli 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kota Pekalongan, menyantuni sejumlah anak yatim-piatu di Rumah Makan (RM) Selaras Komplek Gedung Aswaja PCNU Kota Pekalongan, Jumat 29 Juli 2022. Mereka juga diajak bergembira dengan aneka permainan melalui hiburan badut, sekaligus doorprize. Dalam kesempatan itu, para yatim-piatu tampak terhibur, sekaligus mendapatkan santunan berupa uang tunai, dan peralatan sekolah.

Ketua Lazisnu Kota Pekalongan, M Bany Adam ZA menjelaskan, bersyukur dapat menyalurkan santunan kepada yatim piatu, yang dihimpun dari sejumlah donatur, kemudian dari hasil kolektif penghimpunan koin infaq NU, dari mulai tingkat ranting, MWC hingga PCNU. "Santunan ini sebagai bentuk dan bukti, bahwa Lazisnu Kota Pekalongan menyampaikan amanah infaq dari warga, khususnya warga nahdliyin kepada anak-anak yatim piatu," terang Adam.

Pihaknya menambahkan, kegiatan santunan sendiri dilaksanakan rutin dalam setiap bulannya, dan bagi penerimanya digilir dari masing-masing ranting NU. Dan kali ini, kata dia, sekitar 30 anak yatim-piatu dari Ranting NU Kelurahan Kertoharjo Kecamatan Pekalongan Selatan.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom mengatakan, Lazisnu merupakan lembaga resmi yang diakui oleh negara untuk menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah. Selama ini, Lazisnu Kota Pekalongan bertugas menghimpun infaq dan sedekah dari warga nahdliyin. Kendati demikian, Muhtarom berharap, kedepan Lazisnu Kota Pekalongan dapat menyisir calon-calon muzaki maupun munfiq yang selama ini belum tersentuh.

"Bagi masyarakat dapat menyalurkan infaq dan sedekah ke Lazisnu. Insya Allah Lazisnu akan menyalurkan sesuai dengan yang diajarkan dalam syariat maupun fiqh kita. Dan, Lazisnu Insya Allah amanah dan akuntabel, karena setiap bulan keberadaannya melaporkan hasilnya," tutur H Muhtarom.

Diakui, selama ini banyak sekali lembaga yang menghimpun dana infaq dari masyarakat yang notaben-nya belum diakui oleh negara. Tetapi mereka sudah bebas menghimpun dana masyarakat. Oleh sebab itu, kata dia, supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat, terkait tujuannya untuk meringankan beban kaum dhuafa, ternyata justru digunakan untuk hal-hal lain dan bahkan merugikan masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada muzakki dan munfiq untuk dapat menyalurkan kepada lembaga resmi yang diakui negara yakni Lazisnu. Dalam kesempatan itu, hadir unsur badan otonom NU, diantaranya Mulimat NU, IPNU, IPPNU dan lembaga otonom lainnya.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Kompol Pariastutik Jabat Wakapolres Pekalongan Kota

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:14 WIB

PNM Ajak Perempuan Miliki NIB

Jumat, 22 Juli 2022 | 16:13 WIB

Belum Ditemukan Kasus PMK di Kota Pekalongan

Rabu, 6 Juli 2022 | 17:53 WIB
X