Bergerak Cepat, Aksi Pencurian Tas di Bagasi KA Kaligung, Pelaku Berhasil Ditangkap

- Jumat, 15 Juli 2022 | 17:20 WIB
KONFERENSI PERS : Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, menginterogasi tersangka kasus pencurian di dalam kereta api (KA) Kaligung, dalam konferensi pers di Mapolres setempat, Jumat 15 Juli 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)
KONFERENSI PERS : Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, menginterogasi tersangka kasus pencurian di dalam kereta api (KA) Kaligung, dalam konferensi pers di Mapolres setempat, Jumat 15 Juli 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Aksi pencurian tas yang berisi laptope dan ponsel di bagasi kereta api (KA) Kaligung Jurusan Semarang - Cirebon, berhasil digagalkan. Pelaku yang diketahui juga penumpang itu, ditangkap di Kota Pekalongan, tidak jauh dari Stasiun Besar Pekalongan. Penangkapan tersangka berkat kesigapan dan sinergitas antara PT KAI, khususnya Daops 4 Semarang dengan Satreskrim Polres Pekalongan Kota.

Tersangka utama sendiri diketahui Lody Marta (52)warga Kecamatan Ambulu Jember Jawa Timur, kemudian Ifit Yanuar (51) warga Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang dan Agus Supriyatna (43) warga Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Korbannya Annisa (40) warga Kecamatan Jatinawang, Kabupaten Banyumas. Ketiga tersangka, kini dijebloskan ke jeruji besi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, dalam konferensi pers Jumat 15 Juli 2022 siang menjelaskan, aksi pencurian di dalam gerbong KA Kaligung 203 terjadi, Minggu 10 Juli 2022 lalu. Peristiwa itu berawal, ketika korban Annisa naik KA Kaligung 203 dari Semarang Poncol menuju ke Pemalang dengan membawa barang  tas berisi Laptop Lenovo Ideapad dan Iphone 6S Plus yang diletakkan di dalam bagasi atas KA.

Namun demikian, setibanya didaerah tujuan, korban akan mengambil tasnya, tetapi tasnya justru tidak berada ditempat semula. Kemudian, dirinya melaporkan kepada petugas KA. Petugas KA, kemudian melaporkan kejadian itu ke Polres Pekalongan Kota. "Dari hasil penyelidikan, pelaku Lody Marta, diketahui berada di tepi Jalan Gajahmada Kota Pekalongan, tak jauh dari Stasiun Pekalongan. Tak menunggu lama, petugas langsung melakukan penangkapan," terang kapolres.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka telah menjual barang curian IPhone kepada tersangka Ifit Yanuar. Kemudian, oleh tersangka Ifit ponsel dijual kembali ke tersangka Agus Supriyatna. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat KUHP Pasal 362 tentang Pencurian.

Humas Daops 4 Semarang PT KAI, Krisbiyanto mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas sinergitas dan kolaborasi antara PT KAI, khusus Daops 4 Semarang dengan Polres Pekalongan Kota, sehingga aksi pencurian tersebut dapat terungkap dengan cepat dan tuntas. Pihaknya berharap, bagi pengguna KA, untuk dapat bersama-sama menjaga barang bawaannya.

"Apapun itu, kami menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang saat perjalanan, bahkan di setiap gerbong juga terpasang kamera CCTV, sehingga segala aktivitas di dalam gerbong dapat terpantau," tegas Krisbiyanto.

Disamping itu, kata dia, petugas Polsuska juga selalu mobile, teknisi KA maupun petugas restorasi. Itu tidak lain, sebagai bentuk antisipasi dan jaminan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan KA. Atas insiden tersebut, dirinya mengimbau kepada pelanggan KA, untuk tidak khawatir, karena KA aman dan nyaman. "Bagi penumpang yang mambawa barang bawaan berharga, untuk lebih hati-hati," tuturnya.

Sementara, Annisa korban pencurian mengaku bersyukur pelakunya dapat tertangkap, dan barang miliknya dapat kembali. "Kami mengucapkan terimakasih kepada PT KAI, khususnya Daops 4 Semarang dan Polres Pekalongan Kota, yang sudah bergerak cepat sehingga pelakunya dapat tertangkap," tuturnya.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
X