DPC Peradi Pekalongan, Batang dan Tegal Resmi Dilantik

- Kamis, 30 Juni 2022 | 19:09 WIB
TERIMA SK : Ketua DPC Peradi Pekalongan, Arif NS SH MH, menerima SK kepengurusan DPC Peradi Pekalongan, dari Sekjen DPN Peradi pimpinan Otto Hasibuan, Hermansyah Dulami, dalam pelantikan bersama DPC Peradi Pekalongan, Batang dan Tegal, Kamis (30/6). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi).
TERIMA SK : Ketua DPC Peradi Pekalongan, Arif NS SH MH, menerima SK kepengurusan DPC Peradi Pekalongan, dari Sekjen DPN Peradi pimpinan Otto Hasibuan, Hermansyah Dulami, dalam pelantikan bersama DPC Peradi Pekalongan, Batang dan Tegal, Kamis (30/6). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi).

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Pekalongan, Batang dan Tegal resmi dilantik, Kamis (30/6). Pelantikan serentak tersebut dihadiri Sekjen DPN Peradi pimpinan Prof. Otto Hasibuan, Hermansyah Dulami, Ketua Harian DPN Peradi R. Dwiyanto Prihartono, dan sejumlah pegurus DPN Peradi lainnya yang digelar di Hotel Sahid Mandarin Kota Pekalongan.

Hadir pula Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Plt Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, Wakil Walikota Tegal M. Jumadi, Bupati Pekalongan yang diwakili Asisten I Setda Kabupaen Pekalongan Totok Budimulyanto, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pekalongan, Kejari Kajen, Kejari Kota Pekalongan, Kejari Batang, Kejari Tegal, dan unsur TNI/Polri.

Selain pelantikan kepengurusan DPC Peradi, dalam kesempatan itu juga diukuhkan Dewan Kehormatan DPC Peradi di tiga wilayah tersebut. Pelantikan sendiri dilakukan secara maraton, dimana masing-masing DPC Peradi, dilantik secara bergantian. Usai dilantik, masing-masing DPC Peradi mendapatkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan periode 2022-2027. Dalam pelantikan, diserahkan pula secara simbolis bendera petaka Peradi sebagai simbol kebesaran dan eksistensi Peradi.

Walikota Pekalongan HA Afzan Arsland Djunaid SE menyatakan, bersyukur telah dilakukan prosesi pelantikan DPC Peradi. Pihaknya berharap, keberadaan Peradi, dapat bersama-sama menjaga kondusifitas. Menurutnya, ke depan ada potensi-potensipersoalan yang akan muncul, oleh karena itu keberadaan Peradi dapat menjadi mediator, dan hal-hal lainnya. "Kami, Pemkot Pekalongan, siap berkolaborasi dengan Peradi. Harapannya, kepengurusan yang ada sekarang, dapat lebih inten berkomunikasi," terang Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf itu.

Wakil Walikota Tegal M. Jumadi mengapresiasi dikukuhkannya DPC Peradi di tiga wilayah tersebut. Bahkan, M. Jumadi menyambut positif, dan kedepan diharapkan terjalin sinergi antara Peradi dengan pemerintah, baik di kota maupun di kabuapaten. "Saya yakin, teman-teman Peradi mampu memberikan kontribusi yang positif, untuk masing-masing daerah," kata M. Jumadi, yang juga dikukuhkan sebagai Dewan Kehormatan DPC Peradi Tegal itu.

Ketua DPC Peradi Pekalongan, Arif NS SH MH menambahkan, paska dilantik ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan dalam hal penyuluhan hukum maupun penegakan hukum. Misalnya, akan dilakukan dialog interaktif terkait kajian-kajian hukum, baik dari sisi keilmuan, maupun wawasan hukum, sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan proses penegakan hukum.

Sementara, Sekjen DPN Peradi Hermansyah Dulami menegaskan, pelantikan tiga DPC Peradi merupakan sebuah prestasi. Dan, yang lebih khusus lagi, ada dua daerah yakni DPC Peradi yang baru, DPC Peradi Batang dan Tegal. Dikatakan, Peradi sebagai salah satu organ negara, memiliki tugas membentuk cabang-cabang di setiap daerah yang ada pengadilan negerinya. Dijelaskan, selama ini ada 172 DPC Peradi di-seluruh Indonesia yang sudah dibentuk. Sementara, pengadilan negerinya sendiri ada 347, sehingga ada "PR", sekitar separonya (setengah-red) lagi.

"Harapan kita, disemua wilayah di Indonesia, ada DPC Peradi. Itu dalam rangka, mudah mengelola sekaligus mengontrol, dan mengawasi agar tidak berperilaku merugikan bagi kepentingan para pencari keadilan," tegasnya. Dirinya sangat percaya dan optimis, kepengurusan DPC Peradi yang telah dilantik, mampu menjalankan tugas-tugas dan tantangan yang berat dimaksud.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Hendak Berlayar Jadi ABK, Pelaku Penusukan Ditangkap

Jumat, 23 September 2022 | 17:03 WIB

Perhutani Salurkan Bantuan Pinjaman Rp 135 Juta

Jumat, 23 September 2022 | 16:50 WIB
X