Melihat Pasar Jatikusumo di Brebes, Pasar yang Jadi Rujukan Tukang Sayur Keliling

- Selasa, 28 Juni 2022 | 02:34 WIB
MELAYANI PEMBELI : Pedagang di Pasar Jatikusumo, Desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan, Brebes, melayani pembeli.  (Teguh Inpras Tribowo )
MELAYANI PEMBELI : Pedagang di Pasar Jatikusumo, Desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan, Brebes, melayani pembeli. (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Kekhawatiran Pasar Jatikusumo, Desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan, Brebes, tidak akan bisa berkembang karena kades selaku inisiator pembangunan pasar ditahan kejaksaan atas kasus dugaan korupsi keuangan Dana Desa tahun 2020, ternyata tidak terbukti.

Pasar desa yang dikelola oleh BUMDes Pakujati tersebut, kini menjadi pusat perekonomian warga. Suara Merdeka yang mengunjungi pasar tersebut, Senin (27/6) siang, aktivitas pedagang dan pembeli pasar ramai. Para pedagang los dan kios, menjajakan dagangannya hingga sore hari.

Salah seorang pedagang, Suryadi (50), mengatakan, Pasar Jatikusumo sudah beroperasi selama hampir satu tahun. ”Setiap harinya pasar dibuka mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 18.00,” kata dia.

Baca Juga: PPDB Sistem Zonasi Akan Digugat ke Pengadilan

Menurutnya, ada sekitar lebih kurang 70 pedagang yang sudah membuka lapak dan kiosnya. Jenis dagangan beragam. Mulai dari kebutuhan dapur, sayur mayur, hingga kebutuhan rumah tangga dan perlengkapan sekolah.

”Alhamdullillah selama berjualan, dagangan saya laris,” kata Suryadi.

Pasar Jatikusumo dibangun saat kepemimpinan Kades Ari Hendro Kusumo. Seperti diketahui bersama, Kades Pakujati tersebut kemudian ditahan Kejaksaan Negeri Brebes pada 7 Februari 2022 atas kasus dugaan korupsi keuangan Dana Desa tahun 2020.

Sedikitnya ada 8 kegiatan yang diduga disalahgunakan Kades Pakujati. Salah satunya adalah penyalahgunaan bengkok desa seluas 1.500 meter persegi yang dialihfungsikan untuk pembangunan pasar dan kolam pemancingan.

Baca Juga: Sidang Kasus Mutilasi Dimulai, Keluarga Korban Minta Pelaku Dihukum Mati

Akibat alih fungsi itu, menyebabkan timbulnya hutang Rp 795.555.000.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X