Perbaikan Jalan WR Supratman Mulai Dikerjakan

- Senin, 27 Juni 2022 | 13:53 WIB
MEMBONGKAR: Seorang pekerja mengoperasionalkan backhoe untuk membongkar aspal Jalan WR Supratman, Minggu (26/6). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Isnawati) (Picasa)
MEMBONGKAR: Seorang pekerja mengoperasionalkan backhoe untuk membongkar aspal Jalan WR Supratman, Minggu (26/6). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Isnawati) (Picasa)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan mulai mengerjakan perbaikan Jalan WR Supratman yang kondisinya rusak parah. Pemkot Pekalongan mendapat alokasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 4,495 miliar untuk perbaikan Jalan WR. Supratman.

Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Bambang Sugiharto menjelaskan, penanganan Jalan WR Supratman berupa rekonstruksi jalan. Rekonstruksi jalan berupa peninggian jalan akan dilakukan di sepanjang 617 meter dengan peninggian jalan 40 centimeter dari titik existing. "Ada penambahan ketinggian 40 centimeter sepanjang 617 meter dan lebar 11 meter," terangnya, belum lama ini.

Menurutnya, rekonstruksi Jalan WR Supratman menggunakan teknis cor beton. Sehingga hasilnya akan lebih halus. Pengecoran jalan akan dimulai dari titik TK Kutilang 02 hingga pertigaan Jetayu Residence, meneruskan pengecoran jalan yang telah dilakukan sebelumnya.

Dari pantauan di Jalan WR Supratman, Minggu (26/6), seorang pekerja tengah mengoperasionalkan backhoe untuk membongkar aspal jalan. Seorang pekerja lainnya tampak mengatur lalu lintas kendaraan yang melintas. Sementara itu, di salah satu titik jalan masih digenangi banjir.

Yasin (67), salah seorang tukang becak, warga Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, mengaku senang Jalan WR Supratman yang kondisinya rusak parah tersebut mulai diperbaiki. Menurutnya, dengan kondisi jalan yang rusak parah, bahkan sering digenangi banjir, menyulitkannya saat membawa penumpang dengan becaknya. "Jalannya banyak lubang dan sering digenangi banjir. Sehingga saya kesulitan kalau lewat. Semoga perbaikan jalan bisa cepat selesai," kata Yasin.

Selama ini, DPU-PR Kota Pekalongan sudah melakukan pemeliharaan jalan berupa pengaspalan. Namun karena debit air akibat musim penghujan yang tinggi dan limpasan air dari Sungai Loji, menyebabkan Jalan WR Supratman sering tergenang. Kondisi ini diperparah dengan beban muatan dari kendaraan berat sehingga Jalan WR Supratman mengalami kerusakan cukup parah.

Editor: Kuswandi SM

Tags

Terkini

Kompol Pariastutik Jabat Wakapolres Pekalongan Kota

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:14 WIB

PNM Ajak Perempuan Miliki NIB

Jumat, 22 Juli 2022 | 16:13 WIB

Belum Ditemukan Kasus PMK di Kota Pekalongan

Rabu, 6 Juli 2022 | 17:53 WIB
X