Masuk Kriteria, Delapan Kecamatan di Brebes Diusulkan Pemekaran

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 17:25 WIB
Sukriso, Ketua Pansus 27 DPRD Brebes (Bayu Setiawan )
Sukriso, Ketua Pansus 27 DPRD Brebes (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak delapan kecamatan dari total 17 kecamatan di Kabupaten Brebes, berpotensi diusulkan untuk pemekaran wilayah. Delapan kecamatan tersebut dinilai telah memenuhi kriteria dalam penataan kecamatan.

Hal itu juga menyusul ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang Penataan Kecamatan yang bisa menjadi dasar pertimbangan pengambilan kebijakan.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) 27 DPRD Kabupaten Brebes, Sukirso menjelaskan, berdasarkan hasil pembahasan hingga penetapan Perda tentang Penataan Kecamatan telah muncul beberapa rekomendasi.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto Janjikan Keadilan Soal Sengketa Eks HGU

Di antaranya, ada potensi pemekaran wilayah di delapan kecamatan. Yakni, Kecamatan Brebes, Bulakamba, Losari, Banjarharjo, Ketanggungan, Larangan, Bumiayu dan Bantarkawung.

"Pertimbangan kami, karena luasnya wilayah dan jumlah penduduknya yang banyak. Sehingga, memenuhi syarat untuk dilakukan pemekaran wilayah," ungkapnya kepada wartawan.

Menurut dia, selain itu, ada pertimbangan lain. Yakni, pemekaran kecamatan bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik, penyelenggaraan pemerintahan daerah yang lebih aspiratif.

Baca Juga: 2.000 Ha Lahan di Pesisir Brebes Rusak Diterjang Abrasi

Kemudian, lebih peka dengan kebutuhan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, taraf hidup masyarakat dan pemerataan pembangunan.

"Selama ini kualitas dan tingkat kepuasan pelayanan publik dinilai masih kurang maksimal. Salah satu faktornya, luasnya wilayah menghambat jangkauan layanan," terangnya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X