Jelang Dibuka, Pasar Hewan Bumiayu di Brebes Disemprot Disinfektan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 00:19 WIB
PENYEMPROTAN DISINFEKTAN : Satgas BPBD Posko Bumiayu melakukan penyemprotan disinfektan di area perdagangan ternak Pasar Hewan Bumiayu, Brebes.  (Teguh Inpras Tribowo )
PENYEMPROTAN DISINFEKTAN : Satgas BPBD Posko Bumiayu melakukan penyemprotan disinfektan di area perdagangan ternak Pasar Hewan Bumiayu, Brebes. (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Jelang dibukanya kembali Pasar Hewan Bumiayu, BPBD Kabupaten Brebes melakukan sterilisasi pasar dengan cairan disinfektan, Kamis (16/6/2022).

Penyemprotan dilakukan oleh Satgas BPBD Posko Bumiayu, atas permintaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH).

“Kami melakukan penyemprotan disinfektan karena sesuai rencana, besok (Jumat, 17/6), Pasar Hewan akan dibuka kembali,” kata Koordinator Satgas BPBD Posko Bumiayu, Budi Sujatmiko.

Baca Juga: Atlet Peraih Medali PON Papua Asal Pemalang Terima Bonus

Sebelumnya, Pasar Hewan Bumiayu ditutup sejak 28 Mei -2 Juni, untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Penutupan itu kemudian diperpanjang lagi mulai 3-16 Juni.

Budi mengatakan, penyemprotan di Pasar Hewan difokuskan pada area atau lokasi jual beli hewan ternak besar (sapi dan kerbau). BPBD, lanjut Budi, juga menerima permintaan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang ternak.

Dalam sepekan terakhir ini, pihaknya sudah melakukan penyemprotan kandang ternak di tiga lokasi. Yaitu Bumiayu, Sirampog dan Bantarkawung. ”Kalau ada permintaan dari peternak, kami siap membantu penyemprotan demi mencegah penyebaran wabah PMK,” ujarnya.

Baca Juga: Imbas PMK, Permintaan Kambing Meningkat 30 Persen

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Ismu Subroto membenarkan jika lokasi jual beli ternak di Pasar Hewan Bumiayu akan dibuka kembali.

Dia menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan intensif terhadap hewan ternak yang akan diperdagangkan.”Ini semua demi mencegah penularan wabah PMK,” katanya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X