508 Orang Siap Diberangkatkan, Calon Jemaah Haji Diminta Mandiri dan Tidak Minder

- Selasa, 14 Juni 2022 | 19:27 WIB
MENYALAMI: Bupati  Tegal Umi Azizah dan jajarannya  menyalami calon jemaah haji Kabupaten Tegal tahun 2022 pada saat penglepasan jemaah haji Kabupaten Tegal di Pendapa Amangkurat, Selasa (14/6/2022). (Cessnasari )
MENYALAMI: Bupati Tegal Umi Azizah dan jajarannya menyalami calon jemaah haji Kabupaten Tegal tahun 2022 pada saat penglepasan jemaah haji Kabupaten Tegal di Pendapa Amangkurat, Selasa (14/6/2022). (Cessnasari )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Bupati Tegal Umi Azizah berpesan kepada calon jemaah haji Kabupaten Tegal untuk selalu menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke tanah suci Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Hal itu mengingat saat ini situasi cuaca panasnya ekstrem.

“Jaga kesehatan, kekompakan, bawa nama baik Kabupaten Tegal dan Indonesia. Disamping itu pembekalan-pembekalan dari para kiai dan pembimbing agar dilaksanakan disana."

"Mudah-mudahan perjalanan lancar sejak dari rumahnya masing-masing sampai kembali lagi di Indonesia,” tutur Umi Azizah pada acara penglepasan jemaah haji Kabupaten Tegal 2022 di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Selasa (14/6/2022).

Pada pelepasan haji yang dihadiri seluruh calon jemaah haji, Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama dan jajaran instansi terkait, Umi Azizah juga mengingatkan perlunya kesiapan fisik dan mental dari jemaah, terutama saat prosesi thawaf, sai dan melontar jumrah.

Baca Juga: Sambut Muktamar Ke-48 di Surakarta, Muhammadiyah Pemalang Siapkan Kemeriahan

Faktor cuaca yang cukup ekstrim harus diantisipasi, terlebih dari informasi yang diperoleh, suhu di Arab Saudi bisa mencapai 44 sampi 50 derajat celcius.

Untuk kesiapan mental, Umi berpesan kepada jemaah agar saat diberangkatkan nanti, mereka dalam keadanaan bersih dan suci, terlepas dari segala beban duniawi yang akan memberatkan pikiran.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni ikhlas, sabar dan tolong menolong. Bereskan hutang-piutang, siapkan bekal untuk keluarga,” tutur Umi.

Senada dengan bupati, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Akhmad Farkhan berpesan kepada calon jemaah haji agar mandiri dan percaya diri. “Jangan minder dengan orang luar,” tuturnya.

Baca Juga: Permudah Masyarakat, DPU Brebes Terapkan Layanan PBG dan SLF Online

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

33 Siswa SD Slawi Wetan 01,02,03 Keracunan Maklor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:58 WIB

BPBD Kabupaten Tegal Bentuk Tim Reaksi Cepat Terpadu

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:48 WIB
X