Suro Fest Akan Kembali Digelar di Bulan Agustus 2022

- Selasa, 14 Juni 2022 | 14:55 WIB
AUDIENSI : Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, A Jafar didampingi anggotanya menerima audiensi dari Pokdarwis Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal di ruang Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Selasa (14/6/2022).  (Dwi Putra GD )
AUDIENSI : Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, A Jafar didampingi anggotanya menerima audiensi dari Pokdarwis Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal di ruang Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Selasa (14/6/2022). (Dwi Putra GD )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com – Ajang pertunjukan seni dan budaya yang dikenal dengan Suro Fest di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, akan kembali digelar di bulan Agustus 2022. Kegiatan yang sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 itu, dimaksudkan untuk mempromosikan wisata dan menguatkan budaya Bumijawa.

Hal itu terungkap saat audiensi Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal dan Pemerintah Desa Cempaka, Pokdarwis Cempaka dan sejumlah tokoh masyarakat di desa tersebut di ruang Komisi IV setempat, Selasa (14/6/2022).

Audiensi itu dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, A Jafar didampingi anggotanya. Sementara itu, hadir Kades Cempaka Amroni, Ketua Pokdarwis Cempaka, Ach Khayyi dan tokoh masyarakat Cempaka.

Baca Juga: Pelanggaran Lalu Lintas di Kabupaten Tegal Naik Selama Pandemi

Dalam audiensi, Ketua Pokdarwis Cempaka, Ach Khayyi mengatakan, agenda Sura Fest merupakan kali kedua sejak tahun 2018. Namun, awal agenda itu dinamakan Bumijawa Festival yang kemudian diganti Sura Fest yang dilaksanakan tiap bulan Muharram.

Agenda Sura Fest dinilai telah mengangkat perekonomian masyarakat sekitar. Pasalnya, sekitar 70 pedagang di Wisata Cempaka merupakan warga Cempaka. Selain itu, warga sekitar Bumijawa juga ikut berdagang di wisata tersebut.

“Kami memiliki wisata Tuk Mudal dan Pasar Slumpring dan keindahan alam lainnya. Dengan adanya wisata ini, perekonomian masyarakat meningkat,” terangnya.

Dijelaskan, Suro Fest yang rencananya digelar tanggal 5-7 Agustus 2022 itu, akan mengeksplorasi budaya yang ada di sekitar Bumijawa, mulai dari tari-tarian, wayang, kuliner dan pentas seni budaya lainnya.

Baca Juga: Kantor DPUPR Didemo, Kadis Langsung Surati Bupati

Dalam Suro Fest, pihaknya akan membangun tiga panggung pertunjukan, yakni di Lapangan Cempaka, Pasar Slumpring dan Tuk Mudal.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

33 Siswa SD Slawi Wetan 01,02,03 Keracunan Maklor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:58 WIB

BPBD Kabupaten Tegal Bentuk Tim Reaksi Cepat Terpadu

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:48 WIB
X