Imunisasi Rendah, Penyakit Anak dan Balita Meningkat

- Senin, 13 Juni 2022 | 16:36 WIB
dr Ruszaeni (Dwi Putra GD )
dr Ruszaeni (Dwi Putra GD )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com – Pandemi Covid-19 tak hanya berimbas pada perekonomian masyarakat, namun juga pada imunisasi untuk anak dan balita. Kondisi itu membuat penyakit pada anak dan balita meningkat. Kini, imunisasi anak dan balita kembali digalakan untuk meningkatkan kesehatan anak dan balita.

“Dampak dari penurunan cakupan imunisasi ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah kasus penyakit yang sesungguhnya dapat dicegah dengan pemberian imunisasi seperti campak, rubela dan difteri di sejumlah wilayah di Indonesia,” kata Bupati Tegal Umi Azizah, saat membuka acara vaksinasi Covid-19 dan imunisasi anak dalam menyongsong bulan imunisasi anak nasional (BIAN), di Taman Rakyat Slawi.

Menurut Umi, pandemi Covid-19 telah menurunkan cakupan imunisasi rutin pada anak dan balita, baik imunisasi dasar maupun lanjutan. Pemerintah fokus terhadap penanganan Covid-19 dan vaksinasi.

Baca Juga: Jaket Presiden 2024 Dideklarasikan di Brebes, Dukungan Bagi Erik Thohir

"Gegara pandemi, cakupan imunisasi untuk anak memang turun," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Ruszaeni mengakui adanya penurunan cakupan imunisasi pada anak dan balita. Menurutnya, balita di Indonesia yang belum mendapat imunisasi dasar lengkap seperti campak, hepatitis, rubela dan polio jumlahnya mencapai 1,7 juta anak.

Karena itu, dalam acara tersebut, pihaknya sekaligus menggelar imunisasi anak dalam menyongsong bulan imunisasi anak nasional.

“Untuk gebyar imunisasi anak ini diperuntukan bagi anak usia nol sampai 59 bulan,” ujarnya.

Sementara itu, warga Slawi, Siti (31) mengaku sangat senang anaknya bisa mendapatian imunisasi polio secara cuma-cuma. "Alhamdulillah anak saya akhirnya sudah diimunisasi," ucapnya haru.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

33 Siswa SD Slawi Wetan 01,02,03 Keracunan Maklor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:58 WIB

BPBD Kabupaten Tegal Bentuk Tim Reaksi Cepat Terpadu

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:48 WIB
X