Ruas Jalan Kabupaten di Brebes Nyaris Putus Digerus Banjir

- Rabu, 8 Juni 2022 | 03:31 WIB
NYARIS PUTUS : Kondisi jalan kabupaten di Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, nyaris putus, setelah longsor digerus banjir. (Bayu Setiawan )
NYARIS PUTUS : Kondisi jalan kabupaten di Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, nyaris putus, setelah longsor digerus banjir. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Jemasih dan Desa Ciseureuh, di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, kini kondisinya nyaris putus. Itu terjadi akibat jalan yang berada tepat di tepi Sungai Ciseureuh tergerus derasnya air yang banjir, hingga menyebabkan badan jalan longsor.

Badan jalan selebar 3 meter, nyaris longsor seluruhnya. Sehingga, kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

Agung Setiadi (35), toko masyarakat Desa Jemasih mengatakan, kondisi ruas jalan tersebut awalnya memang rusak akibat tergerus aliran sungai. Kerusakan itu bahkan masih dalam proses perbaikan. Namun saat wilayahnya diguyur hujan deras dan Sungai Ciseureuh meluap, badan jalan longsor tergerus derasnya air sungai.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Konvoi Khilafatul Muslimin

"Tadinya memang sedang diperbaiki, tapi pas hujan deras sekita pukul 14.00, badan jalan ini malah longsor, dan nyaris putus," terangnya.

Menurut dia, akibat bencana alam ini, mobilisasi masyarakat di kedua desa terganggu. Bahkan, bagi warga Desa Jemasih terancam terisolir, jika kerusakan tak segera ditangani.

Sebab, jalan itu menjadi akses utama warga menuju ibukota kecamatan. Meskipun ada jalan alternatif, tetapi jaraknya sangat jauh.

Baca Juga: Dinas Dukcapil Buka Layanan Online Melalui Whatsapp

"Kita harapkan jelan ini bisa segera diperbaiki, sehingga warga Jemasih bisa beraktivitas seperti biasa dan perekonomian tetap berjalan," sambungnya.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes M. Rizki Ubaidilah mengatakan, kerusakan jalan itu harus segera ditangani karena sangat vital. Apalagi bencana alam itu menyebabkan jalan tidak bisa dilalui kendaraan. Otomatis, akses mobilitas perekonomian warga terganggu.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X