Dinas Dukcapil Buka Layanan Online Melalui Whatsapp

- Rabu, 8 Juni 2022 | 03:12 WIB
MENJELASKAN : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal Tri Guntoro menjelaskan tentang layanan online melalui whatsapp, Selasa (7/6/2022).  (Cessnasari )
MENJELASKAN : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal Tri Guntoro menjelaskan tentang layanan online melalui whatsapp, Selasa (7/6/2022). (Cessnasari )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tegal membuka layanan online melalui whatsapp.

Melalui layanan online ini, masyarakat dapat mengajukan permohonan pembuatan dokumen kependudukan, menyampaikan aduan dan memperoleh informasi.

“Saat ini kami sudah membuka layanan online dengan whatsaap 0823 1482 4407. Monggo manfaatkan fasilitas ini untuk mempermudah layanan dokumen kependudukan agar dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, apabila membutuhkan infomasi dan keluhan tentang layanan dokumen kependudukan kami, bisa menghubungi nomo 0812 8482 1351 atau langsung DM melalui akun media sosial kami https://linktr.ee/dukcapilslawi,” jelas Tri Guntoro, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga: Empat Tahun Vakum, Sedekah Bumi Kembali Digelar di Batang

Layanan dokumen kependudukan yang dimaksud antara lain pembuatan akta kelahiran, akta kematian, Kartu Identitas Anak (KIA) dan lainnya.

Tri Guntoro menyebutkan, pihaknya telah membentuk tim khusus yang bertugas menindaklanjuti permohonan masyarakat yang disampaikan melalui nomor whatsapp tersebut.

“Nantinya akan diverifikasi dan mendapat notifikasi. Dengan demikian, tidak ada antrean di Dinas Dukcapil. Tujuan kami adalah memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Mereka kapan saja dapat mengurus administrasi kependudukan atau adminduk,” jelasnya.

Untuk layanan online whatsapp, Dinas Dukcapil akan melayani sesuai jam kerja. “Kalau ada yang kirim WA pada hari Minggu, maka akan mendapat jawaban hari Senin,” tutur Tri Guntoro.

Baca Juga: Pemkab Batang Tertibkan PKL Jalan Yos Sudarso

Kepala Dinas yang pernah menjabat sebagai Camat di Kecamatan Suradadi dan Balapulang ini menyebutkan, selain pelayanan online melalui whatsapp, pihaknya juga meningkatkan pelayanan pengurusan adminduk dengan bekerjasama dengan sejumlah instansi, seperti Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan RS Suradadi.
Dengan Kemenag, Dinas Dukcapil akan memberikan Kartu Keluarga (KK) dan KTP bagi pasangan yang baru menikah.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

33 Siswa SD Slawi Wetan 01,02,03 Keracunan Maklor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:58 WIB

BPBD Kabupaten Tegal Bentuk Tim Reaksi Cepat Terpadu

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:48 WIB
X