Empat Tahun Vakum, Sedekah Bumi Kembali Digelar di Batang

- Rabu, 8 Juni 2022 | 03:03 WIB
SEDEKAH BUMI: Warga Desa Kecepak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang menggelar kembali tradisi sedekah bumi, Minggu (5/6). (Trisno Suhito )
SEDEKAH BUMI: Warga Desa Kecepak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang menggelar kembali tradisi sedekah bumi, Minggu (5/6). (Trisno Suhito )

BATANG, suaramerdeka-pantura.com - Masyarakat Desa Kecepak Kecamatan Batang Kabupaten Batang menggelar kembali tradisi sedekah bumi, Minggu (5/6/2022). Kegiatan ini terasa istimewa karena diadakan kembali setelah mengalami kevakuman sekitar empat tahun

Kepala Desa Kecepak Ahmad Ahsari saat membuka Kirab Budaya Sedekah Bumi di Depan Balai Desa Kecepak, Kecamatan Batang menyampaikan, rangkaian acara sedekah bumi Desa Kecepak diawali kirab budaya.

Selanjutnya dilakukan pagelaran wayang among tani di siang harinya. Kemudian, di sore harinya diadakan tasyakuran yang dilakukan warga. Di malam hari dilanjutkan pagelaran wayang golek dengan lakon canus mangkat kaji.

Baca Juga: Pemkab Batang Tertibkan PKL Jalan Yos Sudarso

'' Sedekah bumi dibulan legenan dilakukan sebagai wujud rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah di desa ini. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun menurun dari nenek moyang,'' jelasnya.

Dia menjelaskan, sedekah bumi terakhir dilaksanakan tahun 2018. Sementara di 2019 belum diadakan karena ada pemilihan kepala desa. Dan di tahun 2020 serta 2021 masih dalam kondisi pandemi Covid-19 jadi ditiadakan. Dan baru tahun ini bisa dilaksanakan kembali.

Kegiatan ini, lanjut dia, hampir seluruh masyarakat Desa Kecepak ikut berpartisipasi. Apalagi kirab budaya sudah dilakukan turun-temurun pada setiap generasi penerus di desa.

Baca Juga: Jalur Misteri di Lereng Gunung Slamet, Makhluk Halus Muncul Tiap Maghrib

'' Makanya, tadi bisa dilihat anak-anak kecil sudah kita ikutkan pada kirab budaya dan mereka senang sekali bisa berpartisipasi dengan memakai pakaian adat Nusantara,'' terangnya.

Uniknya, untuk tahun ini kirab budaya juga dilombakan. Pada akhir arak-arakan keliling ada penampilan setiap peserta yang mengikuti kirab budaya. Ini agar kegiatannya semakin meriah dan masyarakat bersemangat mengikuti acara ini.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jadi Magnet Investasi, BPI Raih SBA 2022

Minggu, 31 Juli 2022 | 14:59 WIB

Kasus DBD di Kabupaten Batang Meningkat

Senin, 13 Juni 2022 | 12:51 WIB

Harga Cabai Melonjak, Omzet Pedagang Anjlok

Senin, 13 Juni 2022 | 12:41 WIB

Satlantas Polres Batang Optimalkan ETLE

Selasa, 1 Maret 2022 | 21:13 WIB

Bupati Akan Sekolahkan Dokter Umum Menjadi Spesialis

Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:40 WIB
X