Antisipasi Wabah PMK, Penutupan Pasar Hewan Bumiayu di Brebes Diperpanjang

- Senin, 6 Juni 2022 | 16:59 WIB
PENYEMPROTAN DISINFEKTAN : Personil BPBD Kabupaten Brebes Posko Bumiayu melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Bumiayu. (Teguh Inpras Tribowo )
PENYEMPROTAN DISINFEKTAN : Personil BPBD Kabupaten Brebes Posko Bumiayu melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Bumiayu. (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Penutupan Pasar Hewan Bumiayu di Kabupaten Brebes, diperpanjang guna menekan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Jika sebelumnya penutupan dilakukan pada 28 Mei - 2 Juni 2022, saat ini diperpanjang mulai 3-16 Juni 2022.

Kepala Pasar Hewan Bumiayu, Ade Chicih Fajarwati, Senin (6/6/2022), mengatakan, perpanjangan penutupan pasar dilakukan berdasarkan surat edaran dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH).

Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa salah satu dasar penutupan pasar adalah karena adanya temuan gejala yang mengarah pada PMK.

Baca Juga: Fatayat NU Pemalang Diminta Membuat Program Percepatan Stunting

Selain itu, penutupan juga atas kesepakatan dan usulan para peternak karena (penutupan pasar) dinilai signifikan dalam menurunkan kasus PMK.

“Berdasarkan surat edaran DPKH tersebut, diberlakukan perpanjangan masa penutupan pasar mulai 3-16 Juni,” kata Chicih.

Penutupan pasar, Chicih menegaskan, hanya diberlakukan pada aera tempat jual beli hewan ternak besar seperti sapi dan kerbau.

”Sedangkan untuk hewan ternak kecil (domba dan kambing), serta lapak pedagang lainnya tetap dibuka,” ujarnya.

Baca Juga: Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Minta Jamaah Haji Jaga Kesehatan

Penutupan lokasi jual beli ternak dimanfaatkan untuk penyemprotan disinfektan. Penyemprotan dilakukan oleh personil BPBD Kabupaten Brebes Posko Bumiayu.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

6 Pelaku Pemerkosaan ABG di Brebes Diringkus

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:51 WIB

460 Anak di Brebes Positif TBC

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:16 WIB

Komisi IV DPRD Sidak Bangunan Sekolah Rusak

Rabu, 21 Desember 2022 | 16:40 WIB

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X