Kopi Lokal Brebes Diikutkan di Festival Kopi Tanah Air

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 22:57 WIB
PRODUK KOPI BREBES : Sejumlah kader PDC PDIP Kabupaten Brebes, memperlihatkan sederet produk kopi lokal Brebes yang diikutsertakam dalam Festival Kopi Tanah Air, yang digelar serentak di Indonesia.  (Bayu Setiawan )
PRODUK KOPI BREBES : Sejumlah kader PDC PDIP Kabupaten Brebes, memperlihatkan sederet produk kopi lokal Brebes yang diikutsertakam dalam Festival Kopi Tanah Air, yang digelar serentak di Indonesia. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sejumlah produk kopi lokal asli Brebes, diikutsertakan dalam ajang Festival Kopi Tanah Air, yang digelar DPC PDIP Kabupaten Brebes, di King Cafe, Jumat (27/5/2022). Festival Kopi ini dilaksanakan serentak se Indonesia, dalam rangak pemecahan Rekor Muri Cita Rasa dan Sulang Kopi Peserta Terbanyak secara hybrid oleh DPP PDI Perjuangan.

Sederet produk kopi asli Brebes yang disajikan dalam giat ini, di antaranya Kopi Dawuhan, Kopi Cilibur dan Kopi Pandansari, yang merupakan jenis kopi Arabica, dari kaki Gunung Slamet di Kecamatan Sirampog dan Paguyangan. Kemudian, Kopi Capar yang merupakan jenis Robusta dari Kaki Gunung Lio Kecamatan Salem.

Ketua DPC PDIP Brebes, Indra Kusuma mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan sebagai upaya membumikan kopi lokal. Sehingga bisa mengangkat perekonomian petani kopi Indonesia, khususnya di Brebes.

Baca Juga: Berjalan Optimal, Orang Tua Titipkan Anaknya di Sekolah Kardinah saat Berobat

Festival Kopi ini digelar juga bentuk dukungan DPC PDIP Brebes dalam pemecahan Rekor Muri Cita Rasa dan Sulang Kopi Peserta Terbanyak secara hybrid oleh DPP PDI Perjuangan. "Kami sangat mendukung bermunculanya warung kopi modern atau yang dikenal Cafe ini. Ini bisa menjadi pendorong pemberdayaan UMKM. Sebab, munculnya kedai kopi atau Cafe ini juga menjual makanan dari UMKM. Jadi, UMKM juga turut mendapatkan hasilnya," ungkap dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yuli Hendrawati mengatakan, Pemkab Brebes mengapresiasi langkah DPC PDIP Brebes yang berupaya mengangkat produk kopi lokal melalui Festival Kopi tersebut.

Apalagi, dunia perkopian di Brebes kini berkembang pesat. Terbukti, saat ini di Brebes sudah ada sekitar 1.200 hektar tanaman kopi yang tersebar di empat kecamatan.

Baca Juga: Wujudkan Lingkungan Bersih Narkoba, SDN Tegalsari 5 Gelar Sosialisasi P4GN

Yaitu, di Kecamatan Salem dengan Kopi Capar, Kecamatan Sirampog dengan Kopi Dawuhan, dan di Kecamatan Paguyangan denga Kopi Cilibur dan Pandansari. "Saat ini tanaman kopi juga berkembang di Kecamatan Banjarharjo, dan Tonjong," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, potensi tanaman kopi di Brebes cukup besar, karena memiliki dataran tinggi di atas 800 meter. Dataran tinggi itu cocok untuk membudayakan kopi. Dalam setahun, petani kopi di enam kecamatan itu mampu memproduksi ratusan ton kopi dengan kualitas bagus.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X