Dikeluhkan Warga, Dinas Lingkungan Hidup Minta TPS Pasar Balamoa Ditutup

- Jumat, 27 Mei 2022 | 16:43 WIB
SAMPAH MENUMPUK : Sejumlah pengendara melewati tumpukan sampah di TPS Pasar Balamoa, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Kamis (26/5/2022).  (Dwi Putra GD )
SAMPAH MENUMPUK : Sejumlah pengendara melewati tumpukan sampah di TPS Pasar Balamoa, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Kamis (26/5/2022). (Dwi Putra GD )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal meminta pengelola Pasar Balamoa, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, memindahkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di sebelah utara pasar tersebut. Permintaan itu dilakukan karena TPS Balamoa mendapatkan keluhan banyak masyarakat.

“Kami berharap UPTD Pasar Balamoa bisa menutup dan memindahkan TPS itu,” kata Kepala Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Tegal Eko Supriyanto, Jumat (27/5/2022).

Dikatakan, TPS Balamoa menjadi kewenangan UPTD Pasar Balamoa. Walaupun DLH yang mengangkut sampah itu ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), namun untuk tanggung jawab keberadaan TPS tersebut menjadi kewenangan UPTD Pasar Balamoa.

Pihaknya beberapa kali mendapatkan keluhan masyarakat sekitar terkait keberadaan TPS itu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Kurban Sapi di Dermasuci Tegal

“Persoalan TPS Balamoa sudah kami rapatkan. Rencana akan kami bersihkan sampai bersih. Setelah bersih, kami berharap dari UPTD Pasar bisa menutup dan dipindah,” ujarnya.

Menurut dia, penutupan dan pemindahan TPS Balamoa, dimaksudkan agar TPS tersebut tidak menjadi buangan sampah dari desa tetangga atau buangan sampah liar. Dia menduga sampah yang berada di tepian jalan Balamoa, merupakan buangan sampah liar.

“Kami berharap masyarakat saat membuang sampah diletakan di bak sampah yang sudah disediakan TPS. Jika asal buang, maka sampah bisa berserakan di jalan,” harapnya.

Warga Balamoa, Catur Buan Zanbika yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tegal menuturkan, persoalan TPS di tepi jalan raya Kemantran-Balamoa itu, sudah cukup lama. Bahkan, warga sudah berkali-kali meminta pihak Pasar Balamoa untuk menutup TPS itu.

Baca Juga: Nilai Transaksi Uang Elektronik Tumbuh 42,06 Persen

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Terekam CCTV, Pembobol Mesin ATM BRI Gunakan Linggis

Kamis, 15 September 2022 | 17:41 WIB

Atap Bangunan SD Pedeslohor 02 Ambruk Saat Direnovasi

Selasa, 13 September 2022 | 17:28 WIB

33 Siswa SD Slawi Wetan 01,02,03 Keracunan Maklor

Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:58 WIB

BPBD Kabupaten Tegal Bentuk Tim Reaksi Cepat Terpadu

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:48 WIB
X