Polres Tegal Kota Terapkan Tilang Via HP

- Rabu, 25 Mei 2022 | 22:32 WIB
Anggota Polantas menilang pelanggar lalu lintas menggunakan handphone (HP). ((Youtube/NTMC))
Anggota Polantas menilang pelanggar lalu lintas menggunakan handphone (HP). ((Youtube/NTMC))

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com - Jajaran Satlantas Polres Tegal Kota, telah menerapkan program tilang elektronik ETLE berbasis kamera handphone (HP) atau ETLE mobile, sejak Januari 2022 lalu.

Di mana, petugas yang berpatroli akan memotret pelanggar lalu lintas menggunakan HP yang terhubung dengan aplikasi Mobile Sigap atau Go-Sigap.

Kasatlantas Polres Tegal Kota, AKP Aryanindita Bagasatwika, melalui KBO Satlantas, Iptu Rekso Pranoto membenarkan hal tersebut. Pihaknya menjelaskan, mekanisme ETLE mobile dilakukan oleh dua petugas polantas yang berpatroli dengan berboncengan sepeda motor.

Baca Juga: Termasuk Pekerja, Ahli Waris Ketua RT di Tegal Terima Santunan Kematian dari BPJamsostek

"Saat berpatroli dan mendapati pelanggaran, maka petugas yang membonceng akan memotret. Kemudian, hasil foto itu akan masuk ke server Ditlantas Polda Jateng," terang Iptu Pranoto, kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Adapun pelanggaran yang dapat ditangkap menggunakan foto HP yakni pelanggaran kasat mata. Seperti di antaranya, tidak memakai helm, melanggar rambu-rambu lalu lintas, motor yang tidak standar, tidak menggunakan spion, memakai knalpot brong dan plat nomor atau TNKB tidak sesuai.

Setelah difoto, lanjut Iptu Pranoto, nantinya akan ada surat konfirmasi yang dikirim kepada pelanggar. Dalam surat juga tertera nomor telepon admin untuk tanya jawab dan menyelesaikan proses tilang.

Baca Juga: Komisi C Berharap Batang Expo Menampilkan Pertumbuhan UKM

"Pelanggar nanti diminta mengirimkan KTP, SIM dan STNK kendaraan yang melanggar. Kemudian diberikan nomor BRIVA. Jika sudah mendapat nomor BRIVA, pelanggar bisa membayar dan bukti bayar dapat dikonfirmasi ulang ke nomor admin yang telah diberikan. Barulah proses tilang dianggap selesai," pungkasnya.

Dengan diberlakukannya program ETLE mobile tersebut, Iptu Pranoto berharap kedisiplinan masyarakat dalam berkendara dapat terus dijaga. Termasuk mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Delapan RT di Sumurpanggang Terendam Banjir

Kamis, 5 Januari 2023 | 10:30 WIB

Wali Kota Lantik Pengurus BPPD Kota Tegal

Selasa, 13 Desember 2022 | 00:24 WIB

PPID Kota Tegal Lolos Untuk Ikuti Uji Publik

Rabu, 23 November 2022 | 10:57 WIB

Polres Tegal Kota Terapkan Tilang Via HP

Rabu, 25 Mei 2022 | 22:32 WIB
X