Puluhan PSU Perumahan Diserahkan ke Pemkab Brebes

- Selasa, 24 Mei 2022 | 19:46 WIB
SERAHKAN DOKUMEN : Perwakilan pengembang perumahan di Brebes menyerahkan dokumen PSU kepada Wakil Bupati Brebes, Narjo (Bayu Setiawan )
SERAHKAN DOKUMEN : Perwakilan pengembang perumahan di Brebes menyerahkan dokumen PSU kepada Wakil Bupati Brebes, Narjo (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 40 Prasarana dan Sarana dan Utilitas (PSU) milik perumahan di Kabupaten Brebes, diserahkan ke Pamkab Brebes. Dokumen PSU itu diserahkan para pengembang perumahan kepada Wakil Bupati Brebes, Narjo, di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin (23/5/2022).

Wakil Bupati Brebes, Narjo mengatakan, PSU yang diserahkan kepada Pemkab Brebes itu akan menjadi aset daerah. Nantinya perawatan fasilitas di komplek perumahan, seperti taman bermain, jalan dan lampu penerangan jalan, hingga musala akan menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Kami berharap dengan penyerahan PSU ini berarti pengembang perumahan sudah semakin maju. Kamo juga berharap para pengembang ini bisa menyediakan atau membangun perumahan murah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” katanya.

Baca Juga: Tunggakan Jamkesda Tembus Rp 9,706 Miliar Wajib Dibayar, DPRD Minta Singkronisasi Data

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dinperwaskim) Kabupaten Brebes, Sutrisno menjelaskan, penyerahan PSU perumahan itu mendasari Peraturan Dareah (perda) nomor 2 tahun 2020, dan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 55 tahun 2020 tentang Penyerahan PSU Perumahan dan Pemukiman Kepada Pemerintah Daerah.

Dari data yang ada, di Brebes saat ada 80 PSU perumahan yang harus diserahkan ke Pemkab. Dari jumlah itu, baru sebanyak 40 PSU yang diserahkan. Sedangkan sisanya 40 PSU perumahan lainnya, akan disisir dalam tahun 2022.

Sebab, para pengembangnya belum mengajukan persyaratan kepada Dinperwaskim. “Dari 80 PSU perumahan, saat ini baru 40 PSU yang telah diserahkan. Sisanya, akan kami sisir dan ditargetkan akan selesai akhir tahun ini,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kabupaten Brebes tahun ini menjadi daerah yang menerima penyerahan PSU terbanyak di Jawa Tengah. Hal itu menjadi indikasi kesadaran para pengembang perumahan yang meningkat.

Baca Juga: Canggih! Perangkat Desa Dukuhjati Kidul Ikuti Pelatihan Operasional Website Desa bersama STMIK Tegal

Setelah penyerahan PSU itu, terkait pemeliharaan akan dilakukan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Badan Pertanahan Nasional (BPN) juga akan membuatkan sertifikat aset daerah.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X