Tunggakan Jamkesda Tembus Rp 9,706 Miliar Wajib Dibayar, DPRD Minta Singkronisasi Data

- Selasa, 24 Mei 2022 | 19:27 WIB
RAPAT DENGAR PENDAPAT : Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Tri Murdiningsih memimpin rapat dengar pendapat membahas klaim pembayaran tunggakan Jamkesda bersama OPD terkait (Bayu Setiawan )
RAPAT DENGAR PENDAPAT : Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Tri Murdiningsih memimpin rapat dengar pendapat membahas klaim pembayaran tunggakan Jamkesda bersama OPD terkait (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes, meminta tunggakan klaim pembayaran program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), melalui Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang kini menembus Rp 9,706 miliar, wajib dibayar Pemkab Brebes. Hal itu sudah menjadi urusan wajib Pemkab Brebes terkait pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat tidak mampu.

Komisi IV DPRD, juga meminta intansi terkait melakukan singkronisasi data pengguna Jamkesda maupun BPJS, karena hingga kini belum ada data valid, dan diduga membuat tunggakan klaim Jamkesda membengkak.

Hal tersebut terungkap saat Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Senin (23/5/2022). Di antaranya, Kepala Baperlitbangda, Kepala Dinsos, Direktur RSUD Brebes, Direktur RSUD Bumiayu dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes).

Baca Juga: Canggih! Perangkat Desa Dukuhjati Kidul Ikuti Pelatihan Operasional Website Desa bersama STMIK Tegal

Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Tri Murdiningsih menjelaskan, berdasarkan penyampaian semua OPD yang hadir, ternyata belum ada titik temu terkait validasi data.

Khususnya, antara jumlah akumulatif data warga yang sudah tercover BPJS Kesehatan PBI dari pusat, Pemprov dan Pemkab. Termasuk, warga yang memanfaatkan Jamkesda.

"Jika kami nalar, jelas sangat tidak wajar tunggakan klaim Jamkesda ini bisa mencapai Rp 9,706 miliar. Tapi, karena ini demi pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, maka Pemkab wajib membayar tunggakan ini," ungkapnya.

Menurut dia, tunggakan klaim Jamkesda Rp 9,706 miliar itu terjadi di RSUD Brebes dan RSUD Bumiayu, untuk periode tahun 2021 hingga 2022.

Baca Juga: Dedy Yon Imbau Masyarakat Tetap Memakai Masker

Tunggakan tertinggi terjadi di RSUD Brebes sebesar Rp 9,331 miliar. Sedangkan di RSUD Bumiayu hanya Rp 375 juta.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X