Proyek Pasar Seng di Brebes Senilai Rp 13,5 Miliar Mulai Dikerjakan

- Jumat, 20 Mei 2022 | 20:41 WIB
AKSES JALAN : Proyek pembangunan Pasar Seng di sisi barat Terminal Bumiayu, dimulai. Pekerja membuat akses jalan masuk pasar. (Teguh Inpras Tribowo )
AKSES JALAN : Proyek pembangunan Pasar Seng di sisi barat Terminal Bumiayu, dimulai. Pekerja membuat akses jalan masuk pasar. (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Proyek pembangunan Pasar Seng Bumiayu, Brebes, senilai Rp 13,5 miliar, mulai dikerjakan.

Pasar yang dibangun untuk menggantikan Pasar Kalierang ini, dibangun di Jalan KH Ahmad Dahlan, tepatnya disisi barat Terminal Bumiayu.

Pengawas proyek pembangunan Pasar Seng, Imam Riyadi, Jumat (20/5/2022), mengatakan, pada tahap awal ini pengerjaan fokus pada pembuatan jalan atau akses masuk dan keluar pasar. "Jalan yang dibangun sepanjang 100 meter, lebar 6 meter," kata Imam Riyadi.

Baca Juga: Tunggakan Capai Rp 24 Miliar, Pemkab Brebes Gandeng Kejari Tagih Penunggak PBB

Selain pembuatan jalan, juga dilakukan pekerjaan cut and fiil. Yaitu proses pengerjaan tanah dimana sejumlah material baik tanah maupun bebatuan yang diambil dari tempat tertentu dan kemudian dipindahkan ketempat lain untuk menentukan elevasi yang diinginkan.

"Setelah proses cut and fiil ini selesai, baru akan dilanjutkan pekerjaan utama (bangunan pasar)," ujarnya.

Pembangunan Pasar Seng akan dilakukan oleh pemenang lelang yaitu CV Surya Abadi dengan nilai kontrak Rp13.537.370.386 dari pagu anggaran Rp 15 miliar. Anggaran tersebut untuk membangun pasar dua lantai dengan total luas bangunan 3.414 meter persegi.

Baca Juga: Ratusan Pelayat Antarkan Jenazah Agus Salim

Kepala Pasar Kalierang Dwi Saputro mengatakan, Pasar Seng sudah direncanakan sejak 2021. Namun tertunda akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, pembangunan pasar yang sekarang merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan.

Dwi juga membenarkan, jika nantinya pedagang akan dipindah ke Pasar Seng setelah pembangunannya selesai seratus persen.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X