Tim Inspektorat Periksa Ambruknya Atap Teras Museum

- Selasa, 17 Mei 2022 | 22:17 WIB
PEMERIKSAAN FISIK : Tim Inspektorat Kabupaten Brebes bersama dinas terkait melakukan pemeriksaan fisik terkait ambruknya atap teras bangunan museum manusia purba di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong (Teguh Inpras Tribowo )
PEMERIKSAAN FISIK : Tim Inspektorat Kabupaten Brebes bersama dinas terkait melakukan pemeriksaan fisik terkait ambruknya atap teras bangunan museum manusia purba di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Tim Inspektorat Kabupaten Brebes melakukan pemeriksaan ambruknya atap teras bangunan Museum Manusia Purba di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Brebes, Selasa (17/5/2022).

Pemeriksaan yang melibatkan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) dan LPSE tersebut, dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pelanggaran dalam proyek pembangunan museum tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, atap teras bangunan Museum Manusia Purba yang dibangun Pemkab Brebes di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, ambruk, beberapa waktu lalu. Museum tersebut dibangun dengan anggaran APBD tahun 2021 senilai Rp 752 juta dan belum diresmikan.

Dalam pemeriksaan tersebut, tim memeriksa konstruksi atap bangunan. Tim juga menggunakan alat hammer test untuk mengetes kekuatan beton, disaksikan rekanan, konsultan perencanaan dan pengawas yang dihadirkan ke lokasi.

Baca Juga: 1.785 Nakes Honorer di Brebes Tuntut Diangkat P3K

Kepala Inspektorat Kabupaten Brebes Nur Ari Haris Yuswanto, mengatakan, pemeriksaan di lokasi proyek pembangunan museum dilakukan untuk mencari data fisik. Namun apa saja temuan dalam pemeriksaan tersebut, Ari mengaku belum bisa menyampaikannya.

“Hasil pemeriksaan ini akan bahas terlebih dahulu. Besok kita paparkan, dan kesimpulannya kita rekomendasikan kepada OPD terkait,” kata dia.

Kepala Dinbudpar Kabupaten Brebes, Rofiq Qoidul Adzam, menegaskan, kedatangan tim inspektorat ke lokasi pembangunan museum merupakan atas permintaannya.

”Jadi tidak serta merta datang. Kami (Dinbudpar) yang meminta tim, untuk datang melakukan pemeriksaan,” tandasnya.

Baca Juga: Sabet 16 Emas, Jateng Juara Umum Kejurnas Karate Shindoka 2022

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X