Kecewa Atap Teras Bangunan Museum Ambruk, Dinbudpar Panggil Rekanan dan Konsultan Perencana

- Jumat, 13 Mei 2022 | 20:53 WIB
Kondisi bangunan museum manusia purba, yang bagian atap terasnya ambruk (Bayu Setiawan )
Kondisi bangunan museum manusia purba, yang bagian atap terasnya ambruk (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Brebes, memanggil rekanan pelaksana, konsultan perencana dan pengawas proyek pembangunan Museum Manusia Purba di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Jumat (13/5/2022).

Pemanggilan itu untuk meminta klarifikasi terkait amburknya atap teras museum yang dibangun dengan anggaran APBD tahun 2021 senilai Rp 752 juta.

Seperti diberitakan sebelumnya, atap teras bangunan Museum Manusia Purba di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, ambruk, beberapa waktu lalu. Padahal bangunan tersebut belum sempat diresmikan.

Baca Juga: Belum Diresmikan, Atap Teras Museum Purba di Galuhtimur Ambruk

"Tadi, semua pihak terkait baik rekanan, konsultan perencana, pengawas, tim teknis dan inspektorat kami undang. Ini kami lakukan untuk meminta klarifikasi terkait kejadian ambruknya kanopi (atap teras) bangunan Museum Manusia Purba," tandas Kepala Dinbudpar Kabupaten Brebes, Roriq Qoidul Adzam, Jumat (13/5/2022).

Dia mengatakan, pihaknya kecewa atas kejadian tersebut. Namun demikian, secara prinsip laporan masyarakat terkait kejadian tersebut sudah ditindaklanjuti.

Dari hasil klarifikasi itu, pihak rekanan juga menyatakan sanggup untuk memperbaiki kerusakan, karena pekerjaannya masih dalam masa pemeliharaan.

Namun jika perbaikannya tidak selesai, pihaknya telah meminta inspektorat untuk melaksanakan audit atas pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal, Tiket Masuk Guci dan Purin Didiskon Hingga 25 Persen

"Dari klarifikasi kami ini, intinya rekanan sanggup untuk memperbaiki. Jika ini tidak clear, kami meminta inspektorat untuk mengaudit," tandasnya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X