1.300 RTLH di Brebes Direhab Tahun Ini, Bantuan Total Rp 26 M Dikucurkan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 18:23 WIB
SERAHKAN BANTUAN : Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma menyerahkan secara simbolis bantuan BSPS untuk rehab rumah bagi warga di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes.  (Bayu Setiawan )
SERAHKAN BANTUAN : Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma menyerahkan secara simbolis bantuan BSPS untuk rehab rumah bagi warga di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 1.300 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Brebes akan direhab di tahun 2022 ini. Perbaikan RTLH ini dilaksanakan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan nilai total Rp 26 miliar yang bersumber dari APBN.

Program bedah rumah tersebut merupakan aspirasi dari Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jateng, Paramitha Widya Kusuma. Sebelumnya, di tahun 2020 lalu, anggota DPR RI ini juga mengucurkan aspirasinya bagi rehab sebanyak 50 RTLH di Brebes. Kemudian, di tahun 2021 juga disalurkan bantuan rehab bagi 200 RTLH.

"Untuk tahun ini, Alhamdulillah saya mendapatkan alokasi sebanyak 1.300 RTLH yang akan diperbaiki melalui program BSPS ini," ujar Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma, saat menyerahkan bantuan BSPS di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Komisi IV DPRD Brebes Minta Bupati Tetapkan Direktur Definitif RSUD Bumiayu

Dia mengungkapkan, dari sasaran sebanyak 1.300 RTLH itu, tersebar pada 28 desa di 9 kecamatan di Kabupaten Brebes. Yakni, Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Banjarharjo, Tanjung, Losari, Bulakamba, Songgom, Brebes dan Wanasari.

Penyalurannya terbagi dalam tiga tahap hingga akhir tahun nanti. Untuk penyaluran kali ini masuk dalam tahap pertama dengan sasaran sebanyak 974 RTLH. Bahkan, dalam tahap ke satu ini sebagian besar sudah selesai. Sedangkan sisanya, disalurkan pada tahap dua dan tiga.

"Setiap warga penerima manfaat BSPS ini mendapatkan bantuan Rp 20 juta, berupa material dan biaya tukang. Nilai bantuan itu memang dinilai kurang, sehingga sesuai nama programnya kami berharap dari para penerima ini tumbuh swadaya," ungkap Paramitha.

Baca Juga: 11.140 Penumpang Berangkat ke Jakarta

Menurut dia, program BSPS dilaksanakan di Brebes merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam mengatasi kemiskinan, sekaligus mendorong peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di Kota Bawang.

Apalagi, Brebes masuk dalam salah satu daerah miskin ekstrim di Jawa Tengah. "BSPS ini sebagai bentuk ikut serta kami dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi kemiskinan ektrim ini," terangnya.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X