Masih Ditemukan Kerupuk dan Terasi Mengandung Pewarna Tekstil

- Kamis, 21 April 2022 | 16:09 WIB
RHODAMIN B: Satuan Tugas Obat dan Makanan Pemkab Tegak menemukan kerupuk yang mengandung pewarna tekstil Rhodamin B dan Auramin dijual pedagang, saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Trayeman Slawi, Kamis (21/4/2022).  (Cessnasari )
RHODAMIN B: Satuan Tugas Obat dan Makanan Pemkab Tegak menemukan kerupuk yang mengandung pewarna tekstil Rhodamin B dan Auramin dijual pedagang, saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Trayeman Slawi, Kamis (21/4/2022). (Cessnasari )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Mengantisipasi beredarnya bahan makanan dan minuman berbahaya khususnya di bulan Ramadan, Tim Kooodinasi Satuan Tugas Obat dan Makanan Pemkab Tegal mengadakan inspeksi mendadak di pasar tradisional dan pasar modern, Kamis (21/4/2022).

Di Pasar Trayeman, tim mengambil sampel kikil, gula kelapa, terasi, teri masi, cumi, ikan kembang pacar, bakso , kerupuk mentah, kerupuk mie, rebon, dan mi kuning. Sampel makanan ini lalu dicek di mobil laboratorium.

Pemeriksaan yang dilakukan antara lain untuk mengetahui kandungan rhodamin, metanil yellow, boraks dan formalin.

Baca Juga: Bupati Brebes Kukuhkan Forum Sijaga Banjir, Wadah Warga Peduli Drainase

Hasil pemeiksaan laboratorium ditemukan gula kelapa, terasi, kerupuk dan kembang pacar mengandung bahan pewarna tekstil Rhodamin B.

Makanan ini memiliki warna merah muda atau kuning menyolok. Saat dilakukan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi rhodamin-B, makanan tersebut terlihat berpendar.

Selain itu, juga melakukan pengecekan dengan alat uji kelembaban daging untuk mengetahui kondisi daging sapi dan daging ayam apakah masih segar atau tidak. Ditemukan daging sapi yang kandungan airnya melebihi 88 persen, karena usai dikeluarkan dari freezer.

Atas temuan tersebut, tim Satgas Makanan dan Obat langsung memberikan pembinaan secara langsung kepada produsen maupun pedagang untuk menggunkan pewarna yang ditentukan BPOM dan Kemenkes.

Baca Juga: Pertama Kali di Hari Jadi Kabupaten Tegal, CGI Gelar Turnamen Mobile Legend Bang Bang

Sukardi salah seorang penjual kerupuk mengaku membeli kerupuk di salah satu perajin kerupuk di Desa Harjosari Lor Rt 28 Rw 06. Kerupuk berwarna merah muda dan kuning itu banyak diminati pembeli.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Warga Dukuh Tembara Iuran Membangun Jembatan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:53 WIB

Polres Tegal Bagikan 350 Paket Sembako Kepada Nelayan

Rabu, 28 September 2022 | 08:14 WIB

Terekam CCTV, Pembobol Mesin ATM BRI Gunakan Linggis

Kamis, 15 September 2022 | 17:41 WIB
X