Atasi Persoalan Drainase Kota, DPU Brebes Bentuk Jejaring Kerja Sijaga Banjir

- Selasa, 12 April 2022 | 21:17 WIB
RAKOR : DPU Kabupaten Brebes resmi membentuk Jejaring Kerja Sijaga Banjir Brebes untuk penanganan drainase perkotaan dan banjir melalui rakor di Aula kantor setempat. (Bayu Setiawan )
RAKOR : DPU Kabupaten Brebes resmi membentuk Jejaring Kerja Sijaga Banjir Brebes untuk penanganan drainase perkotaan dan banjir melalui rakor di Aula kantor setempat. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, secara resmi membentuk jejaring kerja Sijaga Banjir Brebes, Selasa (12/4/2022).

Jejaring kerja yang merangkul semua elemen masyarakat itu dibentuk dalam upaya mengajak masyarakat peduli untuk mengatasi masalah banjir dan drainase di Perkotaan Brebes.

Kepala DPU Brebes, Sutaryono menjelaskan, jejaring kerja itu dibentuk dilatarbelakangi persoalan banjir, khususnya di wilayah perkotaan Brebes, yang dipicu dengan tata kelola drainase.

Di sisi lain, Pemkab Brebes selama ini telah berupaya maksimal mengalokasikan anggaran untuk mencukupi kebutuhan pembangunan drainase tersebut. Namun demikian, persoalan drainase itu belum juga tertangani secara maksimal, karena dibutuhkan dukungan dari masyarakat, terutama menyangkut pola hidup.

Baca Juga: 85.969 Orang di Brebes Menganggur, Mayoritas Laki-laki

"Untuk itu, melalui Sijaga Banjir ini, kami ingin merangkul semua elemen masyarakat agar peduli terhadap masalah drainase perkotaan sehingga banjir tertangani," ungkapnya usai rapat pembentukan di Aula DPU Brebes.

Terkait pengelolaan drainase perkotaan itu, lanjut dia, sebagai bentuk peran masyarakat, pemerintah memang dapat membentuk forum untuk penanganan masalah drainase.

Hal itu yang menjadi dasar dibentuknya Sijaga Banjir Brebes. Dimana, wilayah drainase perkotaan di Brebes itu meliputi lima kecamatan, yakni Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari dan Ketanggungan.

Namun sebagai langkah awal difokuskan untuk penanganan di wilayah Kecamatan Brebes. Selanjutnya, akan berkembang ke wilayah lain.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok di Tegal Masih Stabil

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X