Urutan Lima Terbawah Kasus Kematian Ibu Melahirkan, Brebes Peduli Kawal Wong Meteng

- Kamis, 31 Maret 2022 | 12:49 WIB
Bupati Brebes, Iza Priyanti memberikan pemaparan saat menyikapi melonjaknya kasus AKI di Kabupaten Brebes, dalam Cofee Morning di Pendopo Bupati. (Bayu Setiawan )
Bupati Brebes, Iza Priyanti memberikan pemaparan saat menyikapi melonjaknya kasus AKI di Kabupaten Brebes, dalam Cofee Morning di Pendopo Bupati. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Kasus angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan di Kabupaten Brebes saat ini menduduki urutan ke lima terbawah di Provinsi Jawa Tengah. Kondisi itu mendapat perhatian serius dari Bupati Brebes Idza Priyanti.

Orang nomor satu di Kota Bawang ini meminta, seluruh pihak mulai camat, kepala desa, ketua RT/RW bersama warga sekitar, untuk lebih peduli pada kondisi ibu hamil, dengan Kawal Wong Meteng.

"Saya minta steak holders yang ada di tingkat kecamatan segera mungkin menggelar pertemuan dengan jajaran pemerintah desa untuk Kawal Wong Meteng. Sehingga mengetahui perkembangan ibu hamil yang ada di wilayahnya hingga ke tingkat RT/RW," kata Bupati Brebes, Idza Priyanti.

Baca Juga: Timbulkan Kemiskinan Ekstrim, Ratusan Pengangguran di Brebes Dibekali Ketrampilan

Dia mengungkapkan, kasus AKI di Brebes hingga akhir Maret 2022 sudah mencapai 14 kasus. Rekapitulasi tersebut menjadikan Brebes menempati peringkat lima terbawah di Jawa Tengah.

Penyebabnya, masih didominasi perdarahan preeklampsia dan komplikasi yang belum tertangani secara optimal.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh pihak untuk saling peduli,” tandasnya.

Menurut dia, masih tingginya kasus AKI pada tiga bulan pertama 2022 harus menjadi perhatian penting. Terutama, bagi semua tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas, klinik bersalin dan rumah sakit.

Fokusnya, untuk lebih meningkatkan layanan kesehatan melalui program terintegrasi, yakni program Grebek Wong Meteng.

Baca Juga: Antisipasi Kekurangan Stok Selama Ramadhan, PMI Gelar Donor Darah Massal

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jalan ke Kampung Eksodan Aceh Rusak Parah

Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
X