Antisipasi Kekurangan Stok Selama Ramadhan, PMI Gelar Donor Darah Massal

- Kamis, 31 Maret 2022 | 08:14 WIB
DONOR DARAH MASSAL : Masyarakat mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah massal yang dilaksanakan PMI Kabupaten Brebes di Pendapa Bumiayu.  (Teguh Inpras Tribowo )
DONOR DARAH MASSAL : Masyarakat mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah massal yang dilaksanakan PMI Kabupaten Brebes di Pendapa Bumiayu.  (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - PMI Kabupaten Brebes menggelar donor darah massal di Pendapa Bumiayu, Selasa (29/3), guna mengantisipasi kebutuhan darah selama bulan Ramadhan. 

Ketua PMI Kabupaten Brebes Wahidin Soedja mengatakan, donor darah massal dilakukan sebagai upaya menjaga stok ketersediaan darah di bulan ramadan. Sebab biasanya, pada bulan puasa jumlah pendonor mengalami penurunan.

"Sementara pada sisi yang lain permintaan darah tetap bahkan cenderung meningkat. Inilah mengapa perlu diantisipasi," katanya.

Baca Juga: Diuji Coba, Jalingkut Brebes Rawan Kecelakaan

Dari pantauan, donor darah massal disambut antuasias para pendonor. Mereka datang silih berganti untuk mendonorkan darahnya.

Sebagai apresiasi kepada para pendonor, PMI menyediakan sejumlah doorprize. Diantaranya mesin cuci, kompor gas, kipas angin, setrika dan blender.

Hingga sore, donor darah massal berhasil mengumpulkan 320 kantong darah."Jumlah ini melebihi target kita 300 kantong darah," kata Wahidin. 

Strategi lain dalam mencukupi kebutuhan darah, sambung Wahidin, adalah jemput bola dengan mendatangi masjid-masjid besar yang ada di Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Coffe Trip Kenalkan Wisata Kopi Batang

"Donor darah bisa dilakukan setelah ibadah shalat tarawih," katanya. 

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X