Korban Banjir Bandang Bersedia Relokasi

- Selasa, 8 Maret 2022 | 15:20 WIB
RUMAH RUSAK TERDAMPAK BANJIR : Sejumlah rumah di bantaran Sungai Keruh, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Brebes, mengalami kerusakan akibat terdampak banjir bandang.  (Teguh Inpras Tribowo )
RUMAH RUSAK TERDAMPAK BANJIR : Sejumlah rumah di bantaran Sungai Keruh, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Brebes, mengalami kerusakan akibat terdampak banjir bandang.  (Teguh Inpras Tribowo )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Korban banjir bandang Sungai Keruh di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, bersedia relokasi

Sekretaris Desa Dukuhturi Andi Kuswoyo, Senin (7/3), mengatakan, ada 12 kepala keluarga (KK) yang sudah menyatakan kesiapannya untuk relokasi. "Mereka ini adalah warga yang rumahnya rusak diterjang banjir bandang," kata Andi. 

Menurutnya, korban banjir tersebut akan relokasi ke Dukuh Blendong, Desa/Kecamatan Bumiayu. Pengadaan lahannya dilakukan secara mandiri.

Baca Juga: 10 Spot Mancing Baramundi di Pesisir Brebes yang Bikin Angler Ketagihan

Sedangkan pembangunan rumahnya diusulkan ke pemerintah provinsi melalui Dinperwaskim Kabupaten Brebes.

"Relokasi ini menggunakan program perumahan berbasis komunitas dari Kementerian PUPR. Nantinya rumah akan dibangun dengan teknologi Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN) atau rumah tahan gempa," katanya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir bandang berasal dari luapan Sungai Keruh menerjang sejumlah desa di Kecamatan Bumiayu, akhir Februari lalu. Dampak terparah menimpa permukiman warga di bantaran Sungai Desa Dukuhturi dan Kalierang. 

Andi menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengumpulan berkas untuk diusulkan ke Dinperwaskim Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Mayat Wanita Hamil 6 Bulan Ditemukan di Irigasi Persawahan

Tawaran relokasi bagi korban banjir bandang di Bumiayu sebelumnya disampaikan Bupati Brebes Idza Priyanti. Menurut Idza, pemkab menyediakan lahan di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Bupati Brebes Lantik 205 Pejabat Fungsional

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:34 WIB

PLN UPT Purwokerto Terima Sertifikat Tanah

Senin, 18 Juli 2022 | 11:39 WIB

Polsek Bumiayu Amankan Pelaku Curanmor

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:07 WIB
X