Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Pekalongan Rendah

- Kamis, 3 Februari 2022 | 17:07 WIB
Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Pekalongan Rendah/foto/Trias Purwadi
Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Pekalongan Rendah/foto/Trias Purwadi

PEKALONGAN,suaramerdeka-pantura.com – Tingkat kepatuhan wajib pajak Pekalongan dinilai masih rendah.

Karena itu, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekalongan merekrut 20 relawan yang berasal dari mahasiswa untuk membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Demikian Pengawas II, KPP Pratama Pekalongan, Agus Teguh Yowono dalam sambutannya pada ‘’Pengukuhan dan Pembekalan Relawan Pajak 2022’’ yang berlangsung di Ruang Adaro, Universitas Pekalongan (Unikal), Rabu. Hadir dalam kegiatan itu, Rektor Unikal Suryani, Dekan Fakultas Ekonomi, Choliq Sabana dan beberapa dosen serta mahasiswa.

Baca Juga: Isi Ceramah Oki Setiana Dewi Tuai Kritikan dari Warganet Yang Viral di Media Sosial, Ini Isi Ceramahnya

Dari hasil seleksi yang dilakukan, ada 20 relawan dari mahasiswa Unikal dan mahasiswa perguruan tinggi lain yang telah direkrut untuk membantu mengedukasi perpajakan kepada masyarakat melalui aistensi pengisian SPT tahunan PPh wajib pajak.

Tax Center Unikal, Kamalina mengatakan, program relawan pajak tahun 2022 melibatkan 20 orang peserta yang akan ditugaskan pada KPP Pratama Pekalongan mulai pertengahan Februari sampai 31 Maret 2022.

Sebanyak 20 relawan itu, kata dia, diseleksi melalui rekrutmen terbuka mulai 1 – 10 Januari 2022. Peminatnya cukup banyak yakni 119 orang , 72% dari Unikal dan 28% dari kampus lain.

Sebelum relawan itu terjun ke lapangan, mereka mendapatkan pelatihan selama tiga hari dengan tujuan meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pembentukan soft skill.

Baca Juga: Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan mulai DimasyarakatkanBaca Juga: Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan mulai Dimasyarakatkan

Tugas relawan pajak nanti adalah membantu wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya yakni melaporkan SPt tahunan dengan memberikan asistensi (bimbingan) dalam pengisian SPt yang menggunakan e-filling dan e-SPT untuk wajib pajak orang pribadi yang memiliki penghasilan dari pemberi kerja dan juga dari WP orang pribadi yang mempunyai penghasilan dari kegiatan usaha dan atau pekerjaan bebas.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbaikan Jalan WR Supratman Mulai Dikerjakan

Senin, 27 Juni 2022 | 13:53 WIB

Ratusan Napi Lapas Pekalongan Jalani Vaksinasi

Rabu, 15 Juni 2022 | 17:28 WIB

Pemkot Pekalongan Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

Selasa, 22 Februari 2022 | 19:01 WIB
X