Pilkades Serentak Gelombang I Dianggarkan Rp1,7 Miliar

- Rabu, 2 Februari 2022 | 21:26 WIB
Rusmanto (Arif Suryoto )
Rusmanto (Arif Suryoto )

BATANG, suaramerdeka-pantura.com - Pemkab Batang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang I di 32 desa, di 14 kecamatan. Pesta demokrasi tingkat desa itu direncanakan setelah Hari Raya Idul Fitri dengan anggaran Rp 1,7 Miliar.

"Pilkades serentak Gelombang I diagendakan digelar di 32 desa bulan Mei mendatang. Saat ini kami masih menunggu penandatanganan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai dasar untuk menggelar Pilkades itu," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang, Rusmanto.

Dispermades mulai melaksanakan sosialisasi dan menyusun penjadwalan Pilkades. Sebanyak 32 Kades akan habis masa jabatannya Mei 2022 mendatang.

Pertimbangan Pilkades digelar setelah lebaran Idul Fitri karena petugas keamanan dari Polres Batang sudah tidak lagi fokus pengamanan Operasi Ketupat Candi. Karena Pilkades serentak membutuhkan petugas keamanan banyak.

Baca Juga: Pria Tewas Tertabak Kereta BBM di Lebakgowah

"Untuk mengisi kekosongan jabatan di 32 desa yang Kadesnya habis masa jabtannya akan diisi Pelaksana Tugas Jabatan (Pj)."

"Pj Kades akan diemban Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan. Kalau kekurangan, bisa juga bisa menugaskan ASN di instansi lain selama aturannya memungkinkan,'' tandas Purna Praja STPDN-IIPDN Kemendagri Jatinangor, Sumedang itu.

Pilkades serentak dananya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Apabila kurang bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes).

"Anggaran Pilkades dikisaran angka Rp 50 juta, tapi anggaran juga menyesuaikan jumlah pemilih. Total anggaran Pilkades sebesar Rp1,7 Miliar,” ujar dia.

Baca Juga: Jembatan Kaligintung di Tegal Kembali Amblas

Adapun desa yang kepala desanya meninggal dunia, diagendakan Pilkades antar waktu. Pelaksanaanya sebelum atau pun sesudah Pilkades Geombang I, karena saat ini sudah dijabat oleh Pj.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Kasus DBD di Kabupaten Batang Meningkat

Senin, 13 Juni 2022 | 12:51 WIB

Harga Cabai Melonjak, Omzet Pedagang Anjlok

Senin, 13 Juni 2022 | 12:41 WIB

Satlantas Polres Batang Optimalkan ETLE

Selasa, 1 Maret 2022 | 21:13 WIB

Bupati Akan Sekolahkan Dokter Umum Menjadi Spesialis

Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:40 WIB
X