Infrastruktur dan Penanganan Kemiskinan Prioritas Pembangunan Pemalang

- Selasa, 25 Januari 2022 | 05:57 WIB
MENYERAHKAN PANJI : Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyerahkan panji kepada Ketua Ikatan Masyarakat Pemalang periode 2021-2026 yang baru dikukuhkan.
MENYERAHKAN PANJI : Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyerahkan panji kepada Ketua Ikatan Masyarakat Pemalang periode 2021-2026 yang baru dikukuhkan.

PEMALANG -suaramerdeka-pantura.com- Pembangunan di Kabupaten Pemalang akan memprioritaskan pada pembangunan infrastrtuktur dan penanganan kemiskinan ekstrem. Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyampaikan hal itu saat silaturahmi dengan tokoh nasional dan Ikatan Masyarakat Pemalang (Ikmal) di Jakarta kemarin dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Pemalang ke-447.

"Bersilaturahmi dengan tokoh nasional dan Ikmal di Jakarta ini dalam rangka bersinergi untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi Pemkab Pemalang,"kata Bupati Agung. Menurut dia Pemkab Pemalang melalui APBD-nya belum bisa mengangani semuanya sehingga dengan silaturahmi tersebut diharapkan ada cara bagaimana mengatasinya.

Adapun prioritas pembangunan untuk infrastruktur dilakukan dengan dengan kegiatan perbaikan dan peningkatan. Kamudian lanjut dia juga dilakukan pembangunan infrastruktur baru terutama untuk desa wisata.

Dalam silaturahmi tersebut Bupati menyampaikan kondisi Kabupaten Pemalang sesuai kenyataan agar warga Pemalang yang berada di luar Pemalang mengetahui dengan tujuan mendapatkan solusi bukan sebaliknya untuk tujuan membuka aib."Ini kondisi yang ada di Pemalang untuk itu ayo bareng-bareng membangun Pemalang,"ajak Bupati.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kerjasama dari semua stakeholder (pemangku kepentingan) terkait menjadi salah satu kunci mewujudkan pembangunan berkualitas. Keberadaan diaspora sebagai salah satu stakeholder memiliki peran penting dalam pembangunan daerah.

Hubungan emosional antara diaspora dan daerah asal menjadi ikatan kuat dalam keterlibatan pemnbangunan di daerah. Menurutnya masyarakat diaspora akan memiliki kebanggaan tersendiri ketika melihat pembangunan di daerah asal mereka dan akan lebih membanggakan juga ketika mereka terlibat langsung dalam pembangunan daerah.

Dalam silaturahmi tersebut Bupati menyampaikan data mengenai indeks pembangunan manusia (IPM), kemiskinan ekstrem, tingkat pengangguran, infrastruktur terdiri atas jalan rusak dan rumah tidak layak huni. Kemudian angka stunting dan anak tidak sekolah, program unggulan terdiri atas desa wisata, desa digital, desa sinergi dan kota industri lalu pembangunan infrastruktur berskala besar antara lain pembangunan jaringan air baku, bendung Karanganyar, pembangunan kawasan energi terpadu, penanganan kerusakan pantai, pembangunan pelabuhan perikanan, pasar pagi dan sub termibal agropolitan.

Wakil Ketua MPR RI, Asrul Sani dalam silaturahmi bersebut menyampaikan bahwa berkaitan dengan persoalan rumah tidak layak huni yang disampaikan Bupati dirinya memberi solusi. "Kami mengupayakan 285 unit bedah rumah dan semuanya berlokasi di Pemalang, program ini dari Kementerian PUPR,"kata Asrul.

Dia menambahkan Pemerintah Kabupaten Pemalang telah menyampaikan keterbukaan APBD-nya yang berupa belanja pegawai, belanja modal dan belanja barang. Asrul mendorong transparansi pengelolaan APBD ini di Pemalang lantaran akan meningkatkan semangat partisipasi warganya terhadap pembangunan di daerahnya.

Sementara itu acara silaturahmi juga bersamaan dengan pengukuhan pengurus Ikmal periode 2021-2026 oleh Bupati Pemalang. Ketua Ikmal yang dikukuhkan Abdul Chalim mengatakan Ikmal bekerjasama dan membulatkan tekad semua komponen masyarakat di daerah maupun di perantauan dari berbagai profesi untuk menggali potensi sumber daya melalui program dan kajian sehingga pembangunan dapat tumbuh dan berkembang.

Halaman:

Editor: Siti Masithoh

Tags

Terkini

Musda Digelar, Tarno Kembali Pimpin PPNI Pemalang

Minggu, 6 Maret 2022 | 15:08 WIB

Seniman Pemalang Persembahkan Festival Rendeng

Senin, 28 Februari 2022 | 12:51 WIB

Aisyiyah Gelar Pengajian Virtual

Kamis, 24 Februari 2022 | 20:32 WIB

Sebanyak 17 Desa di Pemalang Kesulitan Akses Internet

Rabu, 23 Februari 2022 | 19:26 WIB

Alumni SMA 1 Pemalang Resmikan Taman Baca Al Asma

Senin, 21 Februari 2022 | 16:12 WIB

Vaksinasi Boss Gundul Menyasar Pabrik Garmen

Minggu, 20 Februari 2022 | 14:40 WIB

Mantan Napi Teroris Diminta Jadi Agen Perubahan

Jumat, 18 Februari 2022 | 16:49 WIB

Kerja Tak Dibayar, Bekas Awak Kapal Datangi Disnaker

Kamis, 17 Februari 2022 | 20:22 WIB

Pasar Tradisional dan Toko Modern Kembali Disterilkan

Senin, 14 Februari 2022 | 15:26 WIB
X