Wujudkan Kecamatan Buaran Bersih, Bumdesma Kerjasama Dengan PT Xaviera Global Synergy

- Senin, 10 Januari 2022 | 10:35 WIB
BERI SAMBUTAN : Camat Buaran M. syamsul Helmi (tengah)bersama Ceo PT Xaviera Global Synergy dan Ketua Bumdesma memberikan sambutan Padang kegiatan penandatangan kerjasama di Aula Kecamatan Buaran, Jumat (7/1/2022).
BERI SAMBUTAN : Camat Buaran M. syamsul Helmi (tengah)bersama Ceo PT Xaviera Global Synergy dan Ketua Bumdesma memberikan sambutan Padang kegiatan penandatangan kerjasama di Aula Kecamatan Buaran, Jumat (7/1/2022).

KAJEN- Suaramerdeka-Pantura.com- Guna memujudkan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan bersih dari sampah, Bumdes Bersama Sinergi Kembar Lestari Buaran lakukan kerjasama dengan Sinergi Kembar Lestari Buaran.
Penandatangan kerjasama dilaksanakan di Aula Kecamatan Buaran, Jumat 9 Januari 2022 dengan disaksikan Camat Buaran M Syamsul Helmi, CEO PT Xaviera Global Synergy Wildyanti, serta para pengurus bumdes se kecamatan buaran.


Direktur Bundesma Sinergi Kembar Lestari Buaran, Ahmad Rodin mengatakan, tujuan dari kerjasama ini utamanya adalah dalam pengolahan sampah khususnya di Wilayah Kecamatan Buaran dan sekitarnya.


“Nantinya mulai dari awal penjemputan atau pengambilan sampah rumah tangga sampai ke pengelola, sementara kita kerjasama dengan PT Xaviera Global Synergy,” katanya.
Dikatakannya, sementara ini di Kecamatan Buaran ada 10 desa yang tergabung, selain itu, juga ada di Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Kedungwuni.


“Harapannya, nanti kecamatan Buaran ini bisa menjadi yang bersih yang rapi kita dengan teknologi dan mengedukasi masyarakat. Kita akan fokus dalam mengolah sampah nantinya akan ada peternakan kemudian pertanian dan akan ada turunan-turunannya,” terangnya.


Sementara itu, Camat Buaran M Syamsul Helmi mengaku, mendukung gagasan besar di teman-teman desa yang membentuk Bumdesma bersama harapannya nanti masyarakat yang ada di Kecamatan Buaran dapat menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan asri sehingga warganya bisa selalu bahagia.


CEO PT Xaviera Global Synergy Wildyanti mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kepercayaan yang diberikan oleh Bumdesma Kecamatan Buaran. Menurutnya ini adalah kerjasama ini dengan konsep sistem zonasi pengolahan sampah skala kecamatan.


“Di Indonesia, untuk skala penanganan sampah tingkat kecamatan ini yang pertama dan ini adalah model bagaimana kita mengalahkan ego dalam penanganan sampah. Semua ingin maju di depan tapi nggak selesai-selesai karena sumber daya kemampuan itu terbatas di setiap desa, sehingga sekarang kita gimana kita menyatukan ini jadi ini program bersatu bersih sampah terpadu dengan sistem zonasi layanan 100%,” ucapnya. (H79)

 

Editor: Siti Masithoh

Tags

Terkini

29 Peserta Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Seni Tari

Senin, 10 Januari 2022 | 10:05 WIB

Fadia : Gunakan Dana Sesuai Prioritas

Sabtu, 8 Januari 2022 | 08:04 WIB

Prospektif, Pemkab Dorong Petani Kembangkan Vaname

Jumat, 12 November 2021 | 05:18 WIB
X