Selama 2021, Seribu Bidang Tanah Aset Pemkab Tegal Berhasil Disertifikatkan

- Rabu, 29 Desember 2021 | 23:03 WIB
Selama 2021, Seribu Bidang Tanah Aset Pemkab Tegal Berhasil Disertifikatkan/ foto/ Cessnasari
Selama 2021, Seribu Bidang Tanah Aset Pemkab Tegal Berhasil Disertifikatkan/ foto/ Cessnasari

SLAWI,SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal berkomitmen terus melakukan percepatan penataan aset tanah milik Pemkab Tegal yang belum bersertifikat.

Komitmen ini ditunjukkan dengan melanjutkan kegiatan pensertifikatan tanah pada tahun 2021.

Melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tegal telah dialokasikan anggaran senilai Rp 2,8 miliar untuk mensertifikatkan 1.000 bidang tanah aset Pemkab Tegal yang memiliki luas 1.582.656 meter persegi.

“Alhamdulillah dengan kerja keras kita bersama target seribu bidang tanah tersebut bisa disertifikatkan kepemilikannya atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal,”ungkap Bupati Tegal Umi Azizah pada acara serah terima setifikat tanah hak pakai Pemerintah Kabupaten Tegal tahun 2021 di Gedung Dadali, Komplek Pemda Kabupaten Tegal, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Final Piala AFF 2020: Prediksi Susunan Pemain Yang Bakal Diturunkan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae yong

Umi membeberkan, seribu bidang tanah yang disertifikatkan tersebut meliputi tanah untuk pasar dan pusat perdagangan sebanyak 2 bidang, tanah untuk fasilitas kesehatan sebanyak 1 bidang, tanah untuk fasilitas ruang terbuka hijau sebanyak 2 bidang, tanah untuk fasilitas pendidikan sebanyak 64 bidang, tanah untuk fasiitas kantor sebanyak 2 bidang dan tanah untuk fasilitas jalan kabupaten sebanyak 929 bidang.

“Tiap tahun capaian kita terkategori bagus. Tahun ini peringkat nomor dua nasional . Ini luar biasa,”tutur Umi.

Menurutnya, proses pensertifikatan tanah sebanyak ini memang tidak mudah karena harus melalui sejumlah tahapan diantaranya identifikasi letak dan luas bidang tanah, pengukuran dan pemberkasan, hingga penelitian dan penerbitan sertifikat tanah.

Selain percepatan pensertifikatan tanah milik Pemerintah Kabupaten Tegal, pada tahun 2021 Pemkab Tegal bekerjasama dengan Kantor ATR/BPN Kabupaten Tegal melaksanakan program Intip atau Identifikasi Tanah Milik Instansi Pemerintah di mana ATR/BPN Kabupaten Tegal saat ini sedang melakukan pemetaan tanah-tanah milik pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, desa dan BUMN/BUMD, di mana untuk tahun ini ada di 7 wilayah kecamatan.

Baca Juga: Andalah Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Young untuk Posisi Winger, Berikut Profil Lengkap Witan Sulaeman

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

29 Peserta Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Seni Tari

Senin, 10 Januari 2022 | 10:05 WIB

Fadia : Gunakan Dana Sesuai Prioritas

Sabtu, 8 Januari 2022 | 08:04 WIB
X