18 Peserta Ikuti Pelatihan Instruktur Seni Tari Seni Tradisional dan Kreasi

- Rabu, 29 Desember 2021 | 08:03 WIB
IKUTI : Sejumlah peserta mengikuti Pelatihan Instruktur Seni Tari Seni Tradisional dan Kreasi di Kabupaten Pekalongan Selasa (28/12)
IKUTI : Sejumlah peserta mengikuti Pelatihan Instruktur Seni Tari Seni Tradisional dan Kreasi di Kabupaten Pekalongan Selasa (28/12)

KAJEN - Suaramerdeka-pantura.com- Sebanyak 18 peserta dari Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Kendal Mengikuti Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Pada Pendidikan Kecakapan Kerja Bidang Seni Tari Tradisional dan Kreasi Khususnya Pada Program Intrukstur yang diadakan oleh LKP Mekar Budaya Pekalongan.

Program tersebut merupakan amanat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk melaksanakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PPKK) pada tahap 2 tahun 2021.

Pimpinan LKP Mekar Budaya Pekalongan, Cucuk Marita mengatakan, penyelengaraan pada tahap 2 diikuti 18 perseta dari berbagai dari Wilayah Kabupaten Pekalongan dan juga Wilayah Kabupaten Kendal.

“kami juga mengucapkan terimalasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan yang merespon dan mensuport kami dalam melaksanakan program pemerintah pusat ini,” katanya, Selasa (28/12/2021).

Dijelaskannya, pada tahap kedua ini, pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 22 Nopember hingga 24 Desember 2021, dengan durasi waktu 150 jam, dengan topik pembelajaran 6 minggu dan 5 jam perharinya.

“untuk tempat kita adakan di Desa Bojonglor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan,” terangnya.

Dalam pelatihan ini, lanjut Cucuk, melibatkan unsur intruktur dari berbagai unsur diantaranya Korwil Pendidikan Kecamatan Bojong, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan, Ikatan Perias Kabupaten Pekalongan serta seniman, praktisi dan akademisi.

“Adapun materi diantaranya Pelatihan Bidang Seni Pertujukan khususnya Seni Tari Tradisonal Dan Kreasi mengambil kurikulum yang telah kami susun, diantaranya, pendidikan karakter, ketenagakerjaan, terori tentang pengetahuan dasar konteks tari, penyajian tari, dan penataan tari pada pertunjukan dan kewirausahaan , dan praktek,” terangnya.

“Pada saat pembelajaran pembelajaran kita lakukan dengan penuh keakraban antara instruktur dan peserta, sehingga diharapkan mereka akan cepat bisa dan mampu mempraktekan apa yang merka dapat pada waktu mengikuti pelatihan ini,” pintanya.

Sementara itu, Dudi Sanggar Kaloka Pekalongan Bambang Iryanto, mengaku senang dengan diadakan pelatihan ini, dirinya berharap akan muncul instruktur Tari Tradisional dan Kreasi yang handal, sehingga seni tari di Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya dapat berkembang.

Halaman:

Editor: Siti Masithoh

Tags

Terkini

Letkol Inf Rizki Aditya Jabat Dandim Pekalongan

Minggu, 19 Juni 2022 | 13:15 WIB

E-Warong Diminta Sediakan Sembako Berkualitas

Minggu, 5 Juni 2022 | 13:51 WIB

29 Peserta Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Seni Tari

Senin, 10 Januari 2022 | 10:05 WIB

Fadia : Gunakan Dana Sesuai Prioritas

Sabtu, 8 Januari 2022 | 08:04 WIB
X