BPJamsostek Cabang Pekalongan Sosialisasikan Program BPU kepada Petani dan Pelaku UMKM di Desa Randumuktiwaren

- Senin, 29 November 2021 | 21:54 WIB
Petani dan pelaku UMKM di Desa Randumuktiwaren, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan mengikuti sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa Randumuktiwaren,/foto/SM Dok
Petani dan pelaku UMKM di Desa Randumuktiwaren, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan mengikuti sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa Randumuktiwaren,/foto/SM Dok

PEKALONGAN, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Pekalongan menyosialisasikan program untuk peserta bukan penerima upah (BPJS Ketenagakerjaan BPU).

Sosialisasi diikuti 100 petani dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Randumuktiwaren, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Sosialisasi digelar di Balai Desa Randumuktiwaren, pekan lalu.
Sosialisasi dibuka oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Randumuktiwaren, Nurdin.

Nurdin mengatakan, perlindungan untuk diri pada saat bekerja sangat penting. Karena itu, para petani di Desa Randumuktiwaren diharapkan bisa mendaftarkan diri sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan BPU di BPJamsostek Cabang Pekalongan.

Baca Juga: HPmu Ketinggalan Zaman! Siap-siap Tahun 2022 Realme 9 Akan Diperkenalkan dengan Empat Model

Setelah itu, Account Representative Khusus BPJamsostek Cabang Pekalongan Ivan Septyoadi menjelaskan tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan BPU.

Sebelumnya, Ivan memaparkan jumlah petani yang aktif di Desa Randumuktiwaren sebanyak 415 orang dan pelaku UMKM sebanyak 623 orang. Mereka terdiri dari pedagang, buruh jahit, guru TPQ dan buruh bongkar muat.

Ada tiga manfaat program BPJS Ketenagakerjaan BPU. Yakni jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM). Adapun syarat program BPJS Ketenagakerjaan BPU di antaranya berusia maksimal 65 tahun.

Baca Juga: Ini Dia Lirik dan Chord Gitar Lagu ‘Tanpa Batas Waktu’, Soundtrack Sinetron Ikatan Cinta

“Apabila peserta meninggal dunia disebabkan kecelakaan kerja, maka mendapatkan santunan 48 kali upah yang dilaporkan, dan perlindungan telah diberikan sejak peserta membayarkan iuran yang pertama walaupun baru satu bulan kepesertaan,” paparnya.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X