Fraksi PPP DPRD Kabupaten Batang Dorong Pemkab untuk Lahirkan Peraturan Daerah Soal Pesantren

- Senin, 29 November 2021 | 15:21 WIB
Fraksi PPP DPRD Kabupaten Batang Dorong Pemkab untuk Lahirkan Peraturan Daerah Soal Pesantren/foto/pixabay/succo
Fraksi PPP DPRD Kabupaten Batang Dorong Pemkab untuk Lahirkan Peraturan Daerah Soal Pesantren/foto/pixabay/succo

 

BATANG, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Fraksi PPP DPRD Kabupaten Batang mendorong Pemkab Batang untuk melakukan inisiasi atau melahirkan peraturan daerah soal pesantren.

Dorongan itu disampaikan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPP) DPRD Kabupaten Batang, Nur Faizin, baru-baru ini dalam kesempatan menyampaikan padangan umum fraksinya.

Nur Faizin dalam pandangan umumnya mengatakan, bahwa pihaknya memandang regulasi soal pesantreun berupa peraturan peraturan daerah itu hukumnya wajib.

“Iya wajib, untuk menyempurnakan dan melengkapi Undang Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Ini sesuai kaidah ushul fiqh, bahwa perkara yang menjadi penyempurna dari perkara wajib, hukumnya juga wajib, ujarnya.

Baca Juga: Lindungi Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Pesantren, Dibentuk Poskestren

Faizin mengatakan, secara historis pesantren menempati posisi cukup istimewa dan strategis dalam khasanah perkembangan sosial budaya masyarakat Indonesia.

Menurutnya, apresiasi tersebut tidak terlalu berlebihan apabila pesantren diposisikan sebagai salah satu elemen determinan dalam struktur piramida sosial masyarakat Indonesia.

 “Ini menuntut pesantren untuk memainkan peranan penting pula dalam setiap proses pembangunan sosial, baik melalui fungsi pendidikan, fungsi dakwah maupun pengembangan masyarakat,” katanya.

Pesantren, lanjut Faizin, secara nyata telah berperan penting dalam membentuk, mendirikan, membangun dan menjaga NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, baik melalui fungsi-fungsinya.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadi Magnet Investasi, BPI Raih SBA 2022

Minggu, 31 Juli 2022 | 14:59 WIB

Kasus DBD di Kabupaten Batang Meningkat

Senin, 13 Juni 2022 | 12:51 WIB

Harga Cabai Melonjak, Omzet Pedagang Anjlok

Senin, 13 Juni 2022 | 12:41 WIB

Satlantas Polres Batang Optimalkan ETLE

Selasa, 1 Maret 2022 | 21:13 WIB

Bupati Akan Sekolahkan Dokter Umum Menjadi Spesialis

Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:40 WIB
X