Lindungi Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Pesantren, Dibentuk Poskestren

- Senin, 29 November 2021 | 14:48 WIB
Lindungi Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Pesantren, Dibentuk Poskestren/foto/Dok PCNU Kabupaten Pekalongan
Lindungi Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Pesantren, Dibentuk Poskestren/foto/Dok PCNU Kabupaten Pekalongan

PEKALONGAN, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Sebagai langkah untuk melindungi kesehatan masyarakat di lingkungan pesantren, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) pusat membentuk poskestren di beberapa ponpes di Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan itu merupakan rangkan dari program peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat pesantren yang berpusat di lima pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan.

Kelima ponpes tersebut, yaitu Ponpes Al Fusha Rowocacing, Kedungwuni, Ponpes Al Utsmani Gejlik, Ponpes Raudlatul Huda Watusalam, Buaran dan Ponpes Baitul Muqaddas Kranji, Kedungwuni serta Ponpes Walindi, Bototeluk, Siwalan.

Hasil dari program tersebut, yaitu terbentuknya kader kesehatan di setiap pesantren, kemudian terbentuknya kader pesantren yang terlatih melakukan identifikasi masalah kesehatan pesantren.

Baca Juga: Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, MF Nurhuda Yusro: Negara Berhutang pada Guru Madrasah

Selanjutnya terbentuk Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) di setiap pesantren serta terjalinnya kerjasama melalui MoU antara Puskesmas dengan Pesantren

"Kegiatan peningkatan Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat Pesantren berlangsung sejak September 2021 di lima pondok pesantren Kaupaten Pekalongan yang ditunjuk oleh Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU)," kata koordinator daerah kegiatan itu, H. Lukman Hakim, Senin 29 November 2021.

Wakil Sekretaris Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Shofieniyyah menyatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan yang diprakarsai oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI dan Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) ini adalah untuk menciptakan budaya sehat di lingkungan pesantren dengan membentuk kader kesehatan yang terlatih dan sigap mengidentifikasi permasalahan kesehatan.

Baca Juga: PMI Bersama Korpri Kabupaten Pekalongan Gelar Donor Darah

Koordinator Daerah kegiatan H. Lukman Hakim menyatakan berterimakasih kepada Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) yang telah menunjuk PCNU Kabupaten Pekalongan sebagai tempat kegiatan ini, dan berterimakasih juga kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dengan para tenaga Puskesmas yang telah membantu terselenggaranya beberapa rangkaian kegiatan ini di setiap pesantren.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024, PKS Targetkan 80 Kursi di DPR RI

Sabtu, 17 September 2022 | 23:36 WIB

Letkol Inf Rizki Aditya Jabat Dandim Pekalongan

Minggu, 19 Juni 2022 | 13:15 WIB

E-Warong Diminta Sediakan Sembako Berkualitas

Minggu, 5 Juni 2022 | 13:51 WIB
X