Pemalang Siaga Hadapi Bencana di Musim Penghujan

- Rabu, 17 November 2021 | 08:22 WIB
PERIKSA KESIAPAN PERSONIL : Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo memeriksa kesiapan personil dan kendaraan tim reaksi cepat BPBD Pemalang.
PERIKSA KESIAPAN PERSONIL : Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo memeriksa kesiapan personil dan kendaraan tim reaksi cepat BPBD Pemalang.

PEMALANG - Suaramerdeka-pantura.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang menggelar apel siaga kebencanaan di sirkuit roadrace Widuri, Pemalang. Kepala Pelaksana BPBD, Wahadi mengatakan apel diikuti oleh Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang, Tim Reaksi Cepat BPBD dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

"Kami telah mempersiapkan personil guna menghadapi segala macam potensi kebencanaan yang ada utamanya imbas dari fenomena iklim,"kata Wahadi.

Dalam kegiatan ini lanjut dia BPBD mempersiapkan personil yang akan disiagakan terus menurus. Apalagi sebentar lagi menghadapi fenomena La Nina sementara Pemalang merupakan daerah yang rawan bencana.

Pemalang tergolong dalam Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) tinggi sehingga dihadapkan potensi bencana angin, tanah longsor dan banjir,"ujarnya. Khusus untuk banjir lanjut dia dihadapkan dengan dua macam jenis antara lain banjir rob air laut dan banjir luapan sungai.

Sementara itu apel siaga kebencanaan dipimpin oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo dengan tujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan para personil penanggulangan bencana alam sebab curah hujan yang terus meningkat.

Pemalang ini wilayah dengan potensi bencana di berbagai lini ada di pegunungan yaitu potensi longsor, di pesisir dihadapkan dengan permasalahan banjir sehingga dengan kompleksitas yang ada maka para personil yang kita miliki harus siap dan siaga menghadapi segala macam potensi kebencanaan,”kata Bupati Pemalang.

Lebih lanjut dia mengatakan bilamana terjadi bencana maka masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan pangan. Sebab telah siap dapur umum milik Pemerintah Kabupaten Pemalang.

“Sewaktu-waktu terjadi bencana, dapur umum sudah siap dalam hitungan jam, insya Allah kebutuhan pangan para pengungsi aman,” ungkapnya.(K40)

 

Halaman:

Editor: Siti Masithoh

Tags

Terkini

Lomba Parenting Bangun Komunikasi Orang Tua dan Anak

Senin, 6 Desember 2021 | 20:41 WIB

Operasi Zebra Candi Sediakan Layanan Vaksinasi

Rabu, 24 November 2021 | 16:38 WIB

Kali Rambut Meluap, Sejumlah Desa Terendam

Selasa, 23 November 2021 | 19:39 WIB

Sekolah Diminta Ikuti Program BPJS Ketenagakerjaan

Senin, 22 November 2021 | 15:50 WIB

Pemalang Siaga Hadapi Bencana di Musim Penghujan

Rabu, 17 November 2021 | 08:22 WIB

Penderita Diabetes Pemalang Terbanyak di Jateng

Selasa, 16 November 2021 | 08:30 WIB

MGMP Bahasa Jawa Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Jumat, 12 November 2021 | 11:12 WIB

IDI Gandeng UMKM Perluas Pangsa Pasar

Rabu, 10 November 2021 | 10:16 WIB

Kejar Level 2 PPKM, Bantuan APD Terus Digulirkan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:59 WIB

Produk Olahan Nanas Madu Rambah Pemasaran Digital

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:41 WIB

Pemalang Level 2 PPKM, Sekolah akan Mulai Tatap Muka

Rabu, 1 September 2021 | 20:47 WIB
X