Penderita Diabetes Pemalang Terbanyak di Jateng

- Selasa, 16 November 2021 | 08:30 WIB
Keterangan Foto : SENAM DIBETES : Senam diabetes bersama digelar di RS Al Ikhlas untuk memeringati hari dibetes sedunia.
Keterangan Foto : SENAM DIBETES : Senam diabetes bersama digelar di RS Al Ikhlas untuk memeringati hari dibetes sedunia.

PEMALANG - Suaramerdeka-Pantura.com- Penderita diabetes di Kabupaten Pemalang dinilai paling banyak se-Jateng. Pemalang. Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Kabupaten Pemalang, Darmanto mengatakan jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang dan 2%-nya berasal dari Jateng.

"Jumlah penderita diabetes semakin tahun semakin meningkat sehingga perlu perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat karena menghabiskan biaya tinggi dalam penanganannya,"kata Dasrmanto.

Penyakit diabetes kata dia sebenarnya dapat dicegah. Salah satunya adalah mengedukasi masyarakat untuk tidak hanya untuk mengobati tapi juga bagaimana mencegah seseorang yang berisiko agar tidak menjadi penderita diabetes.

"Masyarakat kita kenalkan dengan semboyan DKO yang merupakan kepanjangan dari diet, kontrol dan olahraga,"ujarnya. Dengan menjalankan secara rutin kegiatan DKO maka penderita diabetes tidak menjadi semakin bertambah.

Sementara itu dalam memeringati hari diabetes sedunia 2021 Persadia Pemalang ,menggelar senam diabetes bersama Bupati Pemalang di halaman RSI Al Ikhlas. Senam diikuti oleh 100 orang. Tema peringatan diabetes 2021 adalah akses untuk pelayanan diabetes.

Dengan tema ini untuk diaharapkan mendukung orang-orang dengan diabetes di dunia mendapatkan perawatan diabetes yang dibutuhkan. Akses pelayanan diabetes kata dia tidak hanya pengobatan saja tetapi juga meliputi edukasi dan penyelenggaraan kegiatan ramah diabetesi dan kegiatan penunjang lainya.

Direktur RSI Al Ikhlas Pemalang, Kharisma Bimo Nugroho mengatakan RSI Al Ikhlas telah menyiapkan sumber daya dan perlengkapan penunjang guna melayani para diabetesi secara optimal. ”Kita sedang mempersiapkan secara penuh untuk menjadikan RSI sebagai Pusat Layanan Diabetes Terpadu dan terlengkap di Pemalang dan pantura ini, “tutur Bimo.

Sementara itu Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo memberikan motivasi kepada para diabetesi untuk tetap selalu menjaga pola hidup sehat. Menurutnya pola makan diabetesi harus diatur sedemikian rupa sehingga menjadi contoh bagi anak-anak kita.

“Pola makan yang baik dalam keluarga akan dapat mencegah atau menunda penyakit diabetes dalam keluarga kita,”Kata Bupati Agung.(K40)

Editor: Siti Masithoh

Tags

Terkini

Lomba Parenting Bangun Komunikasi Orang Tua dan Anak

Senin, 6 Desember 2021 | 20:41 WIB

Operasi Zebra Candi Sediakan Layanan Vaksinasi

Rabu, 24 November 2021 | 16:38 WIB

Kali Rambut Meluap, Sejumlah Desa Terendam

Selasa, 23 November 2021 | 19:39 WIB

Sekolah Diminta Ikuti Program BPJS Ketenagakerjaan

Senin, 22 November 2021 | 15:50 WIB

Pemalang Siaga Hadapi Bencana di Musim Penghujan

Rabu, 17 November 2021 | 08:22 WIB

Penderita Diabetes Pemalang Terbanyak di Jateng

Selasa, 16 November 2021 | 08:30 WIB

MGMP Bahasa Jawa Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Jumat, 12 November 2021 | 11:12 WIB

IDI Gandeng UMKM Perluas Pangsa Pasar

Rabu, 10 November 2021 | 10:16 WIB

Kejar Level 2 PPKM, Bantuan APD Terus Digulirkan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:59 WIB

Produk Olahan Nanas Madu Rambah Pemasaran Digital

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:41 WIB

Pemalang Level 2 PPKM, Sekolah akan Mulai Tatap Muka

Rabu, 1 September 2021 | 20:47 WIB
X