Pelaku UMKM Jangan Sampai Terjebak Pinjol Ilegal, Pilihlah Pinjol yang Legal

- Jumat, 12 November 2021 | 13:36 WIB
Pelaku UMKM Jangan Sampai Terjebak Pinjol Ilegal, Pilihlah Pinjol yang Legal, foto/Trias Purwadi
Pelaku UMKM Jangan Sampai Terjebak Pinjol Ilegal, Pilihlah Pinjol yang Legal, foto/Trias Purwadi

PEKALONGAN, SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Pelaku usaha mikro kecil dan menengan (UMKM) yang menjadi anggota Aisyah Cabang Doro diminta selektif dalam memilih lembaga keuangan dalam menambah modalnya.

‘’Lembaga keuangan yang kita butuhkan harus legal dan direstui OJK,’’ kata Dr. E. A.Samsul Ulum, M.Si, Doen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pekalongan (Unikal).

Hal itu dikatakannya ketika Unikal menyelenggarakan Pelatihan Literasi Keuangan yang diikuti 29 pelaku UMKM dari Doro yng berlangsung di Angkringan Bali Ndeso Balai Desa Rogoselo, Kabupaten Pekalongan, Jumat 12 November 2021.

Selain Samsul umum, pelatihan itu juga enghadirkan Anggrainy Putri A, Dosen Unikal dan moderatornya Catur Ragil.

Baca Juga: MGMP Bahasa Jawa Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Samsul Ulum yang menyampaikan materi perbankan dan lembaga pembiayaan menegaskan, pemilihan lembaga keuangan sangat diperlukan kehati-hatianya agar pengusaha tidak salah dalam memilih.

‘’Sekarang pinjaman online (pinjol) sedang marak dan banyak yang ilegal sehingga banyak menimbulkan masalah belakangan ini. Bahkan kini sudah banyak pinjol ilegal yang ditangani aparat penegak hukum. Kita perlu kehati-hatian mengakses pinjaman online,’’ katanya dalam mengisi kegiatan bulan inklusi keuangan yang jatuh pada bulan Oktober.

Sebelum pelatihan, Unikal juga sudah ikut berpartisipasi dengan menyelenggarakan Webinar Series “Rektor Pantura Bicara” bersama OJK dan PT Pegadaian (Persero) Area Tegal ‘’Unikal Seolah tidak ingin ketinggalan, dengan ikut mengkampanyekan literasi keuangan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada Oktober 2021,’’ Catur Ragil, Dosen FE Unikal.

Baca Juga: Prospektif, Pemkab Dorong Petani Kembangkan Vaname

Catur mengatakan, dalam pelatihan UMKM, terdapat edukasi literasi keuangan kepada kelompok ibu-ibu dalam menjalankan usahanya.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X