Karyawan PG Pangka Gelar Istighosah, Berharap Pabrik Kembali Beroperasional

- Minggu, 7 November 2021 | 14:27 WIB
ISTIGHOSAH : Karyawan PG Pangka Kabupaten Tegal mengikuti istighosah dipimpin KH Farikhin Mashadi, Sabtu (6/11). Melalui istighosah para karyawan berharap pabrik yang sejak 2019 berhenti beroperasi bisa kembali beroperasi.
ISTIGHOSAH : Karyawan PG Pangka Kabupaten Tegal mengikuti istighosah dipimpin KH Farikhin Mashadi, Sabtu (6/11). Melalui istighosah para karyawan berharap pabrik yang sejak 2019 berhenti beroperasi bisa kembali beroperasi.

SLAWI- Suaramerdeka-Pantura.com- Karyawan Pabrik Gula Pangka di Kabupaten Tegal menggelar istighosah, Sabtu (6/11) pagi. Bertempat di dalam pabrik, tak kurang 200 karyawan dengan khusyuk memanjatkan doa, berharap pabrik gula yang sudah dua tahun terakhir berhenti beroperasi bisa kembali beroperasi.

Istighosah dipimpin KH Farikhin Mashadi dari Jatibarang, Brebes dan dihadiri Manajer PG Pangka Agung Bhaktitomo, Ketua Serikan Pekerja Perkebunan (SPBUN) Unit Kerja PG Pangka Djoko Susanto, Sekretaris SPBUN Unit Kerja PG Pangka Sasongko dan Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Wilayah Pangkah Eko Budi Hartono.

“Dengan istighosah ini, kami berharap PG Pangka bisa beroperasional kembali dan melaksanakan giling pada tahun 2023 mendatang,” terang Ketua SPBUN Unit Kerja PG Pangka Djoko Susanto, Sabtu (6/11).

Djoko menyebutkan, pabrik tersebut terakhir giling pada tahun 2019. Karyawan telah melakukan berbagai upaya agar pabrik gula yang didirikan pada zaman Pemerintahan Belanda sekitar tahun 1832 ini bisa tetap beroperasi.

“Dengan istighosah ini, semoga Allah Swt mengijabah permohonan kami. Bagaimanapun kami sudah melakukan ikhtiar secara lahiriah, dan istighosah ini merupakan usaha batiniah bersama karyawan,”sebutnya.

Djoko menambahkan, meski sudah dua tahun tidak melakukan giling, para karyawan PG Pangka masih semangat dan tetap bekerja. Mereka tetap melaksanakan arahan dan kebijakan manajemen pusat.

“Selama ini kami tidak berpangku tangan, kami tetap bekerja sesuai araahan pimpinan kami, ada general review yang kami selesaikan selama ini. Kami tetap bongkar-bongkar alat, bersih-bersih alat, walaupun saat ini kami tidak ada investasi, biaya swakelola dari sumber-sumber lain , pendapatan kami dari agrowisata Jatibarang, Pangka, untuk menopang biasa swakelola,”ujanya.

SEMANGAT: Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) Unit Kerja PG Pangka Djoko Susanto memimpin yel-yel menyemangati para karyawan yang mengikuti istighosah di area pabrik gula, Sabtu (6/11)

Didampingi Sekretaris SPBUN Sasongko, Djoko menyebutkan, pihaknya tetap menghormati kebijakan pusat di mana ada perubahan manajemen holding. Pihaknya berharap, adanya perubahan dari PTPN IX menjadi PT Sinergi Gula Nasional (SGN) bisa membawa dampak baik ke PG Pangka dan dan karyawannya.

Halaman:

Editor: Siti Masithoh

Tags

Terkini

X