Akibat Layang-layang Tersangkut di Jaringan SUTET Sebabkan Listrik di Pekalongan Padam, ULTG Lakukan Sweeping

- Rabu, 15 September 2021 | 15:40 WIB
Akibat Layang-layang Tersangkut di Jaringan SUTET Sebabkan Listrik di Pekalongan Padam, ULTG Lakukan Sweeping. Petugas dari ULTG Tegal memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada anak-anak yang bermain layang-layang di wilayah Kota Pekalongan/foto/Dok SM
Akibat Layang-layang Tersangkut di Jaringan SUTET Sebabkan Listrik di Pekalongan Padam, ULTG Lakukan Sweeping. Petugas dari ULTG Tegal memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada anak-anak yang bermain layang-layang di wilayah Kota Pekalongan/foto/Dok SM

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com - Akibat layang-layang tersangkut di jaringan SUTET pernah menyebabkan jaringan listrik di Pekalongan padam dan gelap gulita. ULTG lakukan sweeping.

Sejak awal tahun 2021, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) PLN Tegal gencar melakukan sweeping dan sosialisasi terhadap masyarakat yang bermain layang-layang di bawah jaringan transmisi SUTT/SUTET.

Hal itu dilakukan karena masyarakat yang bermain layang-layang meningkat. Namun demikian, hingga kini belum ada kejadiaan layang-layang yang mengganggu jaringan listrik tegangan tinggi tersebut.

Manager ULTG PLN Tegal, Waski Bastaman saat ditemui di kantornya pada Rabu 15 September 2021 mengatakan, ULTG Tegal yang membawahi 8 Gardu Induk dari mulai Kabupaten Batang hingga Kabupaten Brebes itu, tak henti-hentinya melakukan sosialisasi terhadap masyarakat akan bahayanya bermain layang-layang di bawah jaringan SUTT/ SUTET.

Baca Juga: Pastikan Terapkan Protokol Kesehatan, Bupati Batang Tinjau Tes SKD CASN 2021

Termasuk sweeping terhadap pemilik layang-layang yang tengah bermain di bawah jaringan SUTT/ SUTET. Terlebih pada pandemi Covid-19 tepatnya awal tahun ini, anak-anak yang bermain layang-layang meningkat.

“Kemungkinan karena sekolah dari rumah, sehingga banyak waktu luang bagi anak-anak untuk bermain layang-layang,” ujarnya.

Waski menuturkan, daerah rawan di wilayah kerja ULTG Tegal berada di SUTT 150KV Batang-Pekalongan di SPAN 114-119 meliputi wilayah Kelurahan Medono, Jenggot, Kuripan Lor di Kecamatan Pekalongan Barat dan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Baca Juga: Tes Psikologi: Pilih Gambar Mana? Kamu Akan Tahu Karektermu dari Gambar Bahasa Tubuh Yang Kau Pilih

Di zona itu, masyarakat banyak yang bermain layang-layang. Pihaknya kerap melakukan sosialisasi ke desa-desa, termasuk sosialisasi aturan bagi pemilik layang-layang yang tersangkut jaringan listrik menyebabkan gangguan sehingga padam.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Camat Mendapat  Hukuman Disiplin Ringan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 19:44 WIB
X