Universitas Negeri Semarang Kembangkan Budidaya Mangga Wirasangka, Populasinya Kecil Hanya 130 Pohon

- Selasa, 14 September 2021 | 21:17 WIB
Universitas Negeri Semarang Kembangkan Budidaya Mangga Wirasangka,  Populasinya Kecil Hanya  130 Pohon/foto/Dwi Putra GD
Universitas Negeri Semarang Kembangkan Budidaya Mangga Wirasangka, Populasinya Kecil Hanya 130 Pohon/foto/Dwi Putra GD

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com – Tak banyak masyarakat Kabupaten Tegal yang mengetahui bahwa mangga varietas Wirasangka merupakan flora identitas Kabupaten Tegal.

Mirisnya, populasi mangga dengan ciri khas aromanya itu, sangat kecil dibandingkan varietas mangga lainnya. Kondisi itu membuat Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui Program Kemitraan Masyarakat mengembangkan Mangga Wirasangka.

Program yang berjalan sejak awal tahun 2021 itu, memasuki tahap pelatihan Optimasi Budidaya Mangga Wirasangka untuk Meningkatkan Ketrampilan Petani dan Memperkuat Statusnya sebagai Tanaman Identitas Kabupaten Tegal di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (TanKP) Kabupaten Tegal, Selasa (14/9).

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang menghadirkan Prof. Dr. Enni Suwarsi Rahayu, M.Si sebagai Ketua Tim.

Baca Juga: Ramalan Asmara dan Keuangan Lima Zodiak untuk Rabu 15 September 2021, Gemini: Pililhlah untuk Berkompromi

Didampingi anggotanya Prof. Dr. Amin Retnoningsih, M.Si., dan Dr. Vitradesie Noekent, M.M. Hadir pula Kepala Dinas TanKP Kabupaten Tegal Toto Subandrio dan 20 petani yang menjadi peserta pelatihan.

Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama UNNES Semarang, Dinas TanKP Kabupaten Tegal dan KEMENRISTEK/BRIN itu, sumber dana kegiatan berasal dari KEMENRISTEK/BRIN Tahun Anggaran 2021.

“Mangga varietas Wirasangka adalah flora identitas Kabupaten Tegal dan telah terdaftar pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian dengan No 337/PVL/2017 sebagai varietas lokal Kabupaten Tegal," katanya.

Baca Juga: Ada 8 Kode Redeem FF TERBARU HARI INI! Selasa 14 September 2021: Klaim dan Dapatkan Hadiah Menarik dari Garena

"Namun demikian, populasinya sangat kecil dibandingkan varietas mangga lain, yaitu hanya sekitar 130 pohon. Oleh karena itu perlu dilakukan optimasi budidaya mangga wirasangka agar dapat benar-benar menjadi tanaman identitas Kabupaten Tegal,” sambung Prof. Dr. Enni Suwarsi Rahayu.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Camat Mendapat  Hukuman Disiplin Ringan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 19:44 WIB
X