Kemenaker, IPB, dan Petani Ciptakan Lapangan Kerja Baru Berbasis di Dieng.

- Minggu, 12 September 2021 | 18:52 WIB
Kemenaker, IPB, dan Petani Ciptakan Lapangan Kerja Baru Berbasis di Dieng. kiri-kanan: Ahmad Munir Malik (Sekretaris PCNU Batang), Suprapto (Kepala Disnaker Batang), Heru Wibowo (Kepala BBPLK Semarang), Titik Masudah (Staf Khusus Menaker RI), Taufiq R Abdullah (Anggota DPR RI), Arif Satriya (Rektor Universitas IPB), Caswiyono Rusydie Cakrawangsa (Staf Khusus Menaker RI), Jaenal Effendi (Kepala Badan Pengkajian Investasi dan Dana Sosial Universitas IPB), Subur (Pengelola One Stop Agroforestry Deles Dharmawangsa), Iwan Darmawan (Kepala BBPPK dan PKK lembang), I Nyoman Darmanta (Direktur Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker RI), Wiweko Yotama (Pegiat Kopi) saaat meninjau  One Stop Agroforestry Deles Dharmawangsa, di Desa Deles, Bawang, Batang./foto/Arif Suryoto
Kemenaker, IPB, dan Petani Ciptakan Lapangan Kerja Baru Berbasis di Dieng. kiri-kanan: Ahmad Munir Malik (Sekretaris PCNU Batang), Suprapto (Kepala Disnaker Batang), Heru Wibowo (Kepala BBPLK Semarang), Titik Masudah (Staf Khusus Menaker RI), Taufiq R Abdullah (Anggota DPR RI), Arif Satriya (Rektor Universitas IPB), Caswiyono Rusydie Cakrawangsa (Staf Khusus Menaker RI), Jaenal Effendi (Kepala Badan Pengkajian Investasi dan Dana Sosial Universitas IPB), Subur (Pengelola One Stop Agroforestry Deles Dharmawangsa), Iwan Darmawan (Kepala BBPPK dan PKK lembang), I Nyoman Darmanta (Direktur Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker RI), Wiweko Yotama (Pegiat Kopi) saaat meninjau One Stop Agroforestry Deles Dharmawangsa, di Desa Deles, Bawang, Batang./foto/Arif Suryoto

 

BATANG, suaramerdeka-pantura.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI bersama dengan Universitas IPB melaksanakan kunjungan ke lokasi pilot projek Pengembangan Model Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah meliputi Kabupaten Batang dan Banjarnegara Sabtu (12/9).

Kawasan itu merupakan salah satu lokasi dari lima kawasan pilot projek yang menjadi prioritas garapan Kemenaker yang digadang-gadang dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja di sektor non-formal.

Lokasi kawasan dataran tinggi Dieng ini difokuskan pada enam desa di dua Kabupaten sisi utara Pegunungan Dieng, yaitu Desa Kepakisan, Bakal, dan Karangtengah di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Desa Selopajang Timur di Kecamatan Blado, Desa Deles, dan Pranten Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah melalui Staf Khususnya, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menuturkan program itu didesain agar terciptanya lapangan pekerjaan baru. Dengan harapan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Baca Juga: Peserta Ujian Seleksi CASN PPPK Guru Tahun 2021 Wajib Tes Swab Antigen

"Masih banyak orang menganggap tenaga kerja adalah mereka yang bekerja di sektor formal, seperti di pabrik, perusahaan dan lainnya. Padahal sektor formal hanya sebagian kecil saja, terlebih di masa pandemi ini banyak perusahaan dan pabrik-pabrik yang mengurangi karyawannya, sehingga semakin menambah angka pengangguran,''tandas Caswi disela-sela kunjungan di kawasan One Stop Agroforestry Dharmawangsa Desa Deles, Bawang.

Hadir Anggota DPR RI Taufiq R Abdullah, Rektor Universitas IPB Prof Dr Arif Satria SP MSi, dan Direktur Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker RI Nyoman Darmanta, serta jajaran pejabat Kemanaker lainnya.

"Untuk saat ini baru ada lima lokasi pilot projek, tidak menutup kemungkinan jika sukses sesuai yang diharapkan, maka kita targetkan di tahun 2024 akan kita kembangkan di setiap provinsi di Indonesia. Dengan pengembangan sesuai potensi daerah masing-masing,''ujar putra asli Reban, Batang itu.

Baca Juga: Warga Kabupaten Tegal Antusias Kunjungi Tempat Wisata, Rodjo Tater Batasi 500 Pengunjung

Anggota DPR RI,Taufiq R Abdullah mengapresiasi program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan. Karena menjadi terobosan dalam mengatasi tingginya angka pengangguran terutama di tengah Pandemi Covid-19 ini.

"Itu program yang baik, sinergi antara Kementerian, Universitas, dan petani iakan menjadi kolaborasi akan menciptakan kemajuan dibidang pertanian. Terutama didaerah Dataran Tinggi Dieng ini banyak sekali potensi yang bisa digali,'' ujar Anggota DPR-RI asal Banjarnegara itu saat dilokasi.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kantor UPP Batang Gelar Program Padat Karya

Senin, 13 September 2021 | 17:59 WIB

Cincin Dikembalikan, Tunangan Dibunuh

Rabu, 8 September 2021 | 18:30 WIB
X