Bupati Siapkan Teleskop Untuk Badan Hisab dan Rukyat Daerah

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:38 WIB
SALAM SINERGITAS : Bupati Batang Wihaji foto bersama pengurus LPTQ seusai pengukuhan bersama pengurus BHRD di aula Kantor Bupati setempat, Senin (30/8). (SM/Arif Suryoto) (Arif Suryoto)
SALAM SINERGITAS : Bupati Batang Wihaji foto bersama pengurus LPTQ seusai pengukuhan bersama pengurus BHRD di aula Kantor Bupati setempat, Senin (30/8). (SM/Arif Suryoto) (Arif Suryoto)

BATANG, suaramerdeka-pantura.com - Bupati Batang Wihaji menegaskan kesiapannya melengkapi alat-alat teknologi yang dibutuhkan Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD). Salah satunya diantaranya teleskop untuk menentukan rukyatul hilal.

"Untuk alat-alat teknologi (teleskop) Inshallah kita suport dengan tetap mepertimbangkan keuangan daerah. Memang benar, peralatan itu bagian dari salah satu yang penting,'' ujar Wihaji ketika ditemui seusai acara pengkuhan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Batang Tahun 2021--2023 dan BHRD 2021 -2026 yang berlangsung di aula kantor Bupati Senin (30/8/2021).

Dia menuturkan, LPTQ untuk terus melayani dan bekoordinasi dengan Pemda. Sedangkan BHRD merupakan lembaga baru yang membutuhkan teknologi untuk penentuan rukyah.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi, Dokter Bambang Supriyo Kembali Pimpin KONI Kabupaten Tegal

"Karena LPTQ merupakan lembaga yang sudah laman, diharapkan terus melahirkan generasi qurani masa depan Batang yang luar biasa."

"Khusus peralatan untuk BHRD kami harapkan nantinya bisa ditempatkan di Islamic Center yang saat ini sedang dibangun di Banyuputih," tandasnya.

Kepala Kantor Kemenag Batang M Aqsho menuturkan, LPTQ merupakan lembaga semi pemerintah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Agama RI dan Menteri Dalam Negeri RI.

Memiliki tugas pokok menyelenggarakan MTQ, Pembinaan Tilawatil Quran, Tahfidil Quran, khattil Quran, puitisasi serta pameran Al Quran.

Meningkatkan pemahaman, pengkajian, dan penafsiran Quran. Serta peningkatan penghayatan dan pengamalan Al-Qur'an dalam masyarakat.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melandai, Warga Diminta Tidak Lengah Prokes

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Kantor UPP Batang Gelar Program Padat Karya

Senin, 13 September 2021 | 17:59 WIB

Cincin Dikembalikan, Tunangan Dibunuh

Rabu, 8 September 2021 | 18:30 WIB
X