YARS Serahkan Alquran ke 18 Mushala dan Masjid di Kota Pekalongan

- Jumat, 31 Maret 2023 | 23:00 WIB
Ketua YARS Mochammad Saelany Machfudz menyerahkan alquran kepada pengurus masjid dan mushala pada acara Khataman Alquran periode I dan Penyerahan Hibah Alquran Tahap II di Masjid Syuhada, Jumat (31/3).
Ketua YARS Mochammad Saelany Machfudz menyerahkan alquran kepada pengurus masjid dan mushala pada acara Khataman Alquran periode I dan Penyerahan Hibah Alquran Tahap II di Masjid Syuhada, Jumat (31/3).

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Yayasan Alumni Rahim (Rasa Bisa Hidup dan Menghidupi) Sakpore (YARS) menyerahkan Alquran ke 18 mushala dan masjid di Kota Pekalongan.

Penyerahan Alquran hari itu merupakan tahap kedua dari Gerakan Nasional Wakaf Alquran Lintas Generasi yang diinisiasi YARS.

Hibah Alquran diserahkan kepada pengurus masjid dan mushala pada acara Khataman Alquran periode I YARS di Masjid Syuhada, Jumat (31/3).

“Ini (penyerahan Alquran) merupakan kelanjutan dari kegiatan Gerakan Nasional Hibah Alquran Lintas Generasi yang dilaksanakan YARS tahun lalu,” kata Ketua YARS Mochammad Saelany Machfudz usai menyerahkan Alquran kepada pengurus masjid dan mushala.

Gerakan Nasional Wakaf Alquran digagas YARS pada Ramadan tahun lalu. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi warga terhadap Alquran. “Tahun ini Gerakan Nasional Wakaf Alquran kami lestarikan lagi,” sambungnya.

Dari 18 mushala dan masjid yang menerima hibah Alquran tersebut, 17 di antaranya masjid dan mushala di Kota Pekalongan. Adapun selebihnya berada di Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan.

Lebih lanjut Saelany mengatakan, pembagian Alquran tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan YARS yang dilaksanakan pada Bulan Ramadan tahun ini. Kegiatan lainnya yakni membaca Alquran bersamaan secara online dari berbagai kota di mana para alumni SMEA/ SMK Negeri 2  Pekalongan tinggal.

Selain itu ada juga pembagian takjil di Masjid Syuhada di SMKN 2 Pekalongan serta beberapa titik lainnya. Nantinya YARS juga akan menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran.

“Mudah-mudahan YARS diberikan rezeki sehingga bisa memberikan bantuan kepada alumni yang tidak mampu serta guru-guru SMKN 2 Pekalongan yang sudah pensiun,” tambahnya.

Pengurus Masjid An-Nur, Zamroni mengaku sangat bersyukur menerima Alquran dari YARS. “Dengan Alquran yang kami terima ini, harapannya lebih banyak jamaah Masjid An-Nur yang membaca Alquarn. Semoga bisa lebih berkah untuk bisa dikembangkan kepada masyarakat,” paparnya.

Ketua Yayasan Masjid Syuhada Slamet Irvan mengatakan, Gerakan Nasional Wakaf Alquran Lintas Generasi yang diinisiasi YARS diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk membaca Alquran sehingga bisa menjadi pegangan hidup.

“Pembagian Alquran pada Bulan Ramadan sangat tepat karena Ramadan bulan yang barokah,” kata dia.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

X