Banyu Tri Mulyo, Atlet Paralympic Asal Kabupaten Tegal Raih Empat Medali di ASEAN Para Games

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:38 WIB
MEDALI: Atlet Paralympic cabang tenis meja asal Desa Dukuhsalam, Slawi, Kabupaten Tegal, Banyu Tri Mulyo, sukses meraih empat medali di ASEAN Para Games XI tahun 2022 di Solo yang berlangsung 30 Juli-6 Agustus 2022. (Cessnasari )
MEDALI: Atlet Paralympic cabang tenis meja asal Desa Dukuhsalam, Slawi, Kabupaten Tegal, Banyu Tri Mulyo, sukses meraih empat medali di ASEAN Para Games XI tahun 2022 di Solo yang berlangsung 30 Juli-6 Agustus 2022. (Cessnasari )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Banyu Tri Mulyo, atlet paralympic cabang tenis meja asal Desa Dukuhsalam, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal meraih prestasi membanggakan di ajang ASEAN Para Games XI tahun 2022 yang dilaksanakan di Solo 30 Juli hingga 6 Agustus lalu.
 
Tak hanya bagi bangsa Indonesia, prestasi Banyu juga membanggakan bagi warga Kabupaten Tegal, daerah asalnya.
 
Bagaimana tidak, dalam ajang ASEAN Para Games XI, Banyu meraih empat medali dari empat nomor yang dimainkan, yakni dua medali emas dari nomor dobel putra dan beregu putra. Kemudian satu medali perak nomor mix dobel dan satu medali perunggu dari nomor single.

Baca Juga: Justice Collaborator dalam Tindak Pidana Umum: Mungkinkah?
 
Ditemui di rumah orangtuanya di Jalan Teuku Umar nomor 6 Rt 3 Rw III Desa Dukuhsalam, Banyu mengaku senang.

“Kita sebagai tuan rumah, bisa mendapat semua medali.Jadi medali yang ditarget pelatih, kami bisa mendapatkan semua.Tidak ada yang lepas. Paling meleset, tapi ke atas semua,” tutur Banyu, Senin (8/8/2022) pagi.
 
Banyu menuturkan, untuk cabang tenis meja ditargetkan mendapat 12 medali emas, tetapi hasil yang diperoleh melebihi target yakni 27  medali emas.
 
Putra ketiga pasangan Siswondo (65) dan Taningsih (56) ini menyebutkan, sebelum mengikuti lomba tersebut, dia sudah menjalani training centre hampir 1,5 tahun di Solo.

Baca Juga: FTIK UIN Gusdur Ikuti Gelar Workshop Penulisan Naskah Jurnal Internasional, Diikuti Puluhan Dosen
 
Setelah berhasil meraih sukses di ASEAN Paragames 2022, pria kelahiran 7 Mei 1995 yang  tercatat masih aktif menjabat sebagai Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Tegal periode 2019-2024 ini, menyiapkan diri untuk mengikuti berbagai kejuaraan, diantaranya Yunani Open yang akan diikutinya September hingga Oktober mendatang.
 
“Fokus ikut single event untuk cari poin menaikkan rangking, supaya bisa masuk Olimpiade Paris,” tutur Banyu yang saat ini menduduki peringkat ke-25 dunia.
 
Sederet prestasi Banyu berhasil ia torehkan baik di ajang nasional maupun internasional seperti meraih satu medali perunggu di PON Riau 2012, tiga medali perak di PON Jawa Barat 2016, satu medali perunggu di Asian Youth Games Malaysia 2013, dua medali emas di Indonesia Open 2017, satu medali perunggu di Lignano Master Open Italy 2016, satu medali emas dan satu medali perunggu di Asean Para Games Singapore 2015.

Baca Juga: Meriah, Festival Bakar Bandeng di Pemalang
 
Selain itu, Banyu juga berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perak di ASEAN Para Games Malaysia 2017, dua medali emas di Youth Para Game Dubai 2017 dan dua medali perak di test event Asian Para Games Jakarta 2018.
 
Mahasiswa Universitas Surakarta Fakuktas Teknik Sipil semester tujuh ini, juga tengah bersiap untuk ambil sumpah CPNS di Kemenpora bersama atlet lainnya. Banyu menuturkan sejak 2018 dirinya telah menjadi tenaga fungsional di kementerian tersebut.
 
Tak hanya itu, di pertengahan September ini, dia juga berencana melangsungkan pernikahan dengan warga Slawi.
 
Ibunda Banyu, Taningsih mengatakan sangat bangga dengan prestasi anak ketiganya. “Tinggal kasih suport pada anaknya, kalau positif kan orangtua selalu suport,” tuturnya.
 
Penyambutan Banyu saat pulang ke kampung halaman berlangsung sederhana. Banyu seorang diri pulang dari Solo dengan mengendarai Kereta Mataremaja.

Tiba di Stasiun Besar Tegal pada Minggu (7/8/2022) pukul 20.30, dia dijemput oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni, dan pemuda Karang Taruna dan Dinas Sosial.
 
Kepala Dinas Porapar Akhmad Uwes Qoroni mengatakan, sebagai apresiasi kepada Banyu Tri Mulyo, Pemkab Tegal telah menyiapkan bonus. Bonus akan diserahkan secara langsung oleh Bupati Tegal.


 

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

HIPMI Basketball Competition Bergulir, Diikuti 40 Tim

Selasa, 20 September 2022 | 21:27 WIB

Sabet 15 Emas, Wanasari Juara Umum Porkab Brebes

Kamis, 4 Agustus 2022 | 14:25 WIB
X